Sukses

Lifestyle

4 Hal Penting yang Perlu Diketahui sebelum Mengonsumsi Suplemen Vitamin

Fimela.com, Jakarta Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh. Bahkan ada anjuran untuk mengonsumsi suplemen vitamin supaya kondisi kesehatan tubuh senantiasa terjaga dengan baik. Tapi bukan berarti semua jenis suplemen vitamin bisa kita konsumsi bersamaan dan berlebihan.

Mengutip buku Seni Diet Bahagia ala Hiromi Sinya, ada empat hal yang perlu diketahui soal mengonsumsi suplemen vitamin. Memahami empat hal dasar ini bisa sangat membantu kita dalam menjaga kesehatan dengan lebih baik. Selengkapnya, langsung simak di sini, ya.

1. Efektivitas Suplemen Bisa Berbeda pada Tiap Orang

Sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen vitamin tertentu. Kenapa? Sebab konsumsi satu vitamin atau mineral tertentu dari nutrisi-nutrisi esensial dalam dosis tinggi mungkin efektif bagi sebagian orang, tapi tidak sehat bagi yang lain. Jadi, kita sebaiknya jangan mengonsumsi suplemen vitamin tertentu langsung dalam dosis tinggi karena mengikuti orang lain begitu saja. Kenali dulu kondisi tubuh dan periksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

2. Ada Vitamin-Vitamin yang Larut dalam Lemak

Vitamin A, D, E, dan K merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Sehingga vitamin-vitamin tersebut akan disimpan di dalam hati dan lemak tubuh. Maka dari itu, tak perlu ditambah suplemen lagi.

3. Ada Vitamin-Vitamin yang Larut dalam Air

Vitamin B kompleks dan vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin tersebut larut dalam cairan tubuh dan dikeluarkan melalui urin. Asupan harian vitamin-vitamin tersebut sangatlah penting. Meski jumlahnya kecil sekalipun, mengonsumsinya secara rutin setiap hari diperlukan.

4. Suplemen Vitamin Tetap Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Tetaplah penting untuk mengimbanginya dengan menjaga pola makan sehat dan pola hidup seimbang. Lakukan juga olahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Mengonsumsi suplemen vitamin berlebihan tidak disarankan. Selalu perhatikan jumlah secukupnya, kesadaran diri, dan sikap hati-hati.

Semoga empat info di atas bisa bermanfaat dan membuat kita lebih berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin, ya. Jaga kesehatan selalu, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading