Sukses

Health

5 Manfaat Teh Hijau yang Cocok untuk Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Teh hijau merupakan teh herbal yang memiliki banyak manfaat. Teh hijau merupakan teh yang populer di dunia kesehatan dan kecantikan. Karena teh herbal ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan seperti enzim, asam amino dan polifenol.

Selain antioksidan, teh hijau juga kaya akan kandungan vitamin B, folat, mangan, potassium, magnesium dan kafein. Kandungan ini bisa membantu melancarkan menurunkan kolesterol dan program diet.

Teh hijau juga terkenal bisa membantu mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung, serta membantu merawat kesehatan kulit. Berikut beberapa manfaat teh hijau yang cocok dikonsumsi pemilik kolesterol tinggi:

Manfaat Teh Hijau

1. Melancarkan Program Diet

Obesitas, berat badan yang terlalu tinggi dan memiliki perut buncit merupakan masalah setiap orang, yang membuat bentuk badan menjadi kurang ideal, menurunkan kepercayaan diri dan membuat tubuh kurang sehat. Manfaat mengonsumsi teh hijau yang pertama adalah untuk melancarkan program diet. Karena teh hijau memiliki kandungan senyawa EGCG atau Epigallocatechin gallate, serta mengandung kafein yang baik untuk program diet.

Teh hijau dipercaya bisa membantu memecah sel lemak di dalam tubuh, kemudian sel lemak tersebut dipindah ke aliran darah, sehingga lemak akan terbakar dan berat badan akan lebih stabil. Teh hijau dapat dikonsumsi pada pagi hari, ketika bangun tidur dan keadaan perut masih kosong. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara rutin.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Teh hijau mampu mencegah penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit kronis seperti jantung dan stroke, yang bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Karena kandungan yang terdapat di dalam teh hijau, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, yang menghambat aliran darah dan memicu serangan jantung. Untuk mencegah penyakit kronis ini, konsumsilah teh hijau setiap hari tanpa menggunakan gula. Karena gula bisa memicu kadar lemak jahat naik di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Fungsi Otak dan Fokus

Kandungan kafein dalam teh hijau, bisa mudah masuk dan diserap ke dalam otak, lalu kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine, proses tersebut akan menghasilkan dopamine dan norepinefrin. Proses tersebut bisa membantu sistem kerja otak berfungsi lebih baik dan fokus. Maka banyak orang memilih untuk mengonsumsi teh hijau sebagai pengganti kopi, disaat pagi hari atau saat fokus kerja sudah mulai hilang.

Manfaat Teh Hijau

4. Mencegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis, yang disebabkan karena tingginya kadar gula di dalam tubuh seseorang. Penyakit diabetes ini disebabkan karena banyak faktor, seperti keturunan, gaya hidup tidak sehat dan lain sebagainya. Kandungan yang terdapat di dalam teh hijau, bisa membantu mengontrol kadar gula di dalam tubuh manusia.

Kandungan tersebut membantu penyerapan glukosa ke dalam sel otot, yang bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2. Untuk membantu mencegah diabetes, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi teh hijau sehari 3 cangkir, tanpa menggunakan gula dan diminum saat perut masih kosong.

5. Mencegah Kanker

Teh hijau terkenal sebagai teh herbal, yang mampu mencegah dan menurunkan resiko kanker, seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker usus dan jenis kanker lainnya. Teh hijau memiliki kandungan yang bersifat antioksidan. Senyawa antioksidan ini bisa membantu melawan radikal bebas, yang bisa merusak sel tubuh dan memicu pertumbuhan kanker di dalam tubuh.

Antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau, mampu meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga orang yang rutin mengonsumsi teh hijau memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dan tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan virus atau bakteri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading