Sukses

Lifestyle

Pakai Masker Seharian Bikin Napas Bau Tak Sedap Mengganggu? Itu Sih Dulu…

Fimela.com, Jakarta Masker jadi starter kit zaman now buat beraktivitas di luar rumah. Hal yang satu ini penting banget buat melindungi diri di tengah musim penularan penyakit seperti sekarang ini. Tapi, pakai masker seharian ternyata menantang banget. Nggak hanya bikin pengap, lama-lama kamu juga merasa kalau napas jadi bau tak sedap gara-gara tertutup masker seharian. Duh, hal ini pastinya bikin aktivitas sehari-hari jadi nggak nyaman.

Tapi, kamu bisa kok tetap nyaman saat pakai masker seharian. Ini trik jitu yang bisa dicoba!

‘Dosa’ Besar yang Sering Dilakukan: Jarang Minum Air Putih

Mulut yang sering tertutup masker bikin kamu jadi lupa minum air putih? Ini dia salah satu ‘dosa’ besar penyebab bau mulut. Kurang minum air putih bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Tahu nggak kalau kondisi ini jadi salah satu penyebab napas tak sedap? Saat tubuh dehidrasi, produksi saliva atau air liur yang mengandung zat antibakteri jadi ikut berkurang. Inilah yang membuat munculnya bau mulut, karena kemampuan tubuh melawan bakteri yang ada di mulut ikut berkurang.

Supaya napas tetap segar saat menggunakan masker, pastikan penuhi kebutuhan cairan tubuh 8 gelas per hari ya. Bawa selalu botol minum pribadi saat beraktivitas di luar rumah supaya bisa tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama beraktivitas di masa new normal ini.

Ups, Ternyata Ada Makanan yang Bikin Napas Tak Sedap!

Minum kopi saat bekerja memang bisa bikin kamu makin fokus, ngemil makanan manis juga bisa jadi mood booster. Tapi, sadar nggak kalau dua jenis makanan ini bisa bikin napas jadi bau tak sedap? Kopi dan produk olahannya bisa membuat mulut jadi kering dan mengurangi aliran air liur sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri di area tersebut. Sementara itu, makanan manis yang mengandung kadar gula tinggi adalah sumber bahan bakar yang memicu pertumbuhan bakteri.

Selain kedua jenis makanan tersebut, konsumsi makanan yang mengandung bawang, tomat, susu dan produk olahannya, serta daging merah juga bisa memicu masalah napas tak sedap. Ada baiknya perhatikan makanan yang dikonsumsi kalau nggak ingin galau dengan masalah napas tak sedap yang mengganggu.

Stop Bernapas Lewat Mulut!

Mungkin kamu nggak sadar, tapi seseorang jadi cenderung napas lewat mulut saat menggunakan masker. Kebiasaan ini secara alami bisa membuat mulut terasa kering. Saat bernapas lewat mulut, udara lembap yang mengandung bakteri terjebak dalam kain masker, sehingga menyebabkan bau tak sedap.

Biarpun pengap, tapi sebaiknya hindari kebiasaan bernapas lewat mulut saat menggunakan masker. Kalau merasa pengap, kamu bisa sesekali membuka masker saat tidak berinteraksi dengan orang lain, misalnya ketika sedang fokus bekerja di balik meja. Tapi, pastikan jangan lupa gunakan kembali maskermu saat meninggalkan ruangan ya!

Kunci Utama yang Nggak Boleh Dilupakan: Perhatikan Kebersihan Gigi dan Mulut

Ini dia salah satu rules wajib untuk menjaga napas saat menggunakan masker seharian. Pastikan sikat gigi dengan tepat dua kali sehari untuk meminimalisir bau tak sedap selama beraktivitas dengan masker. Menjaga kebersihan gigi dan mulut juga penting karena area ini adalah pintu masuknya bakteri yang bisa berpotensi menyerang kesehatan tubuh. Dengan rutin sikat gigi, artinya kamu juga 'sikat' habis bakteri yang bisa merugikan kesehatan.

Jangan lupa pilih pasta gigi yang tepat dengan formula yang mampu menjaga kesegaran napas sekaligus ampuh melawan bakteri yang bersarang di rongga mulut. Untuk urusan yang satu ini nggak perlu bingung memilih, karena CloseUp EverFresh dengan Triple Fresh Formula bisa jadi andalan. Formulanya mengandung Antibacterial Mouthwash yang mampu melawan bakteri hingga 99%, Purifying Gel untuk membersihkan hingga ke bagian mulut terdalam, dan Natural Extract of Clove and Spearmint yang bekerja untuk menjaga kesegaran napas. Nggak perlu khawatir lagi napas tak sedap saat pakai masker, CloseUp EverFresh bisa memberikan perlindungan mulut dan jaga kesegarannya hingga 12 jam!

Temukan informasi lebih lanjut tentang CloseUp EverFresh dengan follow Instagram @CloseUpID atau kunjungi www.closeup.co.id. (wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading