Sukses

Lifestyle

Bisnis Olahan Sereal di Tengah Pandemi, Hasilnya Cukup Menjanjikan

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Fathimah Muthmainnah

Menjadi lady boss versiku adalah ketika kita bisa mengatur diri kita dengan baik. Di awal pandemi covid-19 ini sampai ke Indonesia, aku dan keluarga menetapkan peraturan bahwa kami tidak akan keluar rumah kecuali untuk kebutuhan yang mendesak dan benar-benar penting. Sehingga 95% hari-hariku diisi dengan rutinitas rumahan yang tak jauh-jauh dari mencuci baju, menyikat kamar mandi, dan lain-lain.

Namun sebagai seorang anak yang belum mendapat kampus untuk tempat studinya, aku lebih banyak berdiam di rumah ketimbang anak mahasiswa pada umumnya yang hari-harinya disibukkan dengan pembelajaran daring. Sehingga tantangan paling berat bagiku adalah melawan rasa malas di saat tidak memiliki target apa-apa. Karena melihat kakaku yang sudah mulai membuka usaha kecil di bidang makanan, akhirnya tepat tanggal 31 Agustus 2020 aku memulai usaha kecil di bidang makanan dengan nama Finleytreats. Produk yang aku tawarkan adalah olahan sereal yang memiliki rasa manis.

Karena makanan ini sebagian besar adalah olahan sendiri, seringkali aku dan kakakku gagal produksi. Bahkan pernah satu kali kami salah dalam pembuatan marshmallow padahal kami sudah mengeluarkan modal kurang lebih setengah juta rupiah. Hingga suatu ketika aku sempat ingin menyerah dan mengakhiri usaha ini. Namun saat itu abi hanya berkata, “Nggak apa-apa, namanya juga usaha, baru awal pula. Pasti akan ada likunya. Jalani saja, suatu hari nanti kamu pasti akan ‘sampai’.”

 

Membantu Perekonomian

Akhirnya setelah berjalan selama dua bulan lebih, Finleytreats sudah memproduksi kurang lebih 300 buah dengan omset kurang lebih dua setengah juta. Alhamdulillah, ternyata di saat pandemi seperti ini, di mana orang-orang kondisinya dominan sedang kesulitan, justru aku bisa membantu ekonomi teman-temanku yang sedang mencari tambahan uang.

Ternyata kata ‘tidak bisa’ itu bohong adanya, yang ada hanyalah kitanya yang terlalu mengikuti nafsu untuk tetap diam di tempat. Aku yang aslinya sangat tidak suka masak, ternyata usaha makanan kecil pertamaku banyak disenangi orang. Aku yang dulunya begitu malu untuk berdagang, ternyata lewat tangan dan mulutku mempromosikan usaha kecil ini, dapat berbuah antusiasme yang tinggi. Karena pada dasarnya Tuhan menciptakan hidup ini seimbang, ada yang kesusahan, ada yang memudahkan. Tugas kita hanyalah satu, “Ambil peran!”

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading