Sukses

Lifestyle

Lewat Belajar Tentang Kecantikan, Aku Mendapat Penghasilan Tambahan

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kami buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh:Ratyashii Xu

Rencana Tuhan kita gak pernah tau dan kadang di luar dugaan kita. Termasuk soal percintaan dan pekerjaan. Berawal ketika aku pulang ke tanah air setelah merantau dari negara Jiran selama dua tahun.

Mencari pekerjaan yang sesuai sangatlah tidak mudah. Terlebih untuk seseorang lulusan SMA dan sudah bukan freshgraduate lagi. Kesana kemari membawa lamaran dan wawancara kerja tidak juga membuahkan hasil. Akhirnya kuputuskan melamar pekerjaan lewat aplikasi online. Dan beberapa memberiku kesempatan untuk wawancara secara langsung (walk interview).

mMasalahnya bukan di wawancara itu sendiri lagi. Melainkan karena letak perusahaan yang aku lamar berada di luar kota dan luar daerah. Selain itu aku juga bersikeras untuk pergi sendiri, karena aku berani. Sayangnya kedua orangtuaku, terutama ibu tidak menyetujuinya. Selain karena jauh, takut aku kenapa-kenapa di perjalanan. Singkat cerita akhirnya aku berusaha lagi mencari pekerjaan lainnya.

Hampir Menyerah dan Tuhan pun Berikan JalanNya

Hampir 7 bulan tak kunjung mendapat pekerjaan membuatku sungguh frustasi. Tidak ada aktivitas produktif, terlebih lagi tidak ada pemasukan keuangan di mana sebelumnya setiap awal bulan sungguh hari yang dinanti, tapi tidak kurasakan euphorianya lagi, karena aku seorang pengangguran.

Disaat kebingungan itu, aku mencoba mencari hobi yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tak kunjung mendapat hasil sesuai, aku mencoba mencari lagi. Dan secara tidak sengaja aku melihat beberapa komunitas kecantikan di instagrm terlihat sangat menarik, mereka tidak hanya membuat collab makeup, tapi juga saling sharing dan ada beberapa projek dengan beberapa brand terkenal.

Sungguh menarik hati, akhirnya aku mencari-cari info di google dan kepoin beberapa akun Beauty Influencer. Aku pun bertanya ke beberapa komunitas serta anggotanya bagaimana caranya daftar dan harus seperti apa nantinya.

Alhamdylilah beberapakali di abaikan, bahkan tidak direspon baik. Tetapi beberapa dari mereka sangatlah baik, mereka menjelaskan setiap detail dan cara-caranya untuk masuk ke komunitas mereka.

Mulai Mendapatkan Hasil yang Baik

Mulai dari sana, aku mencoba mencari tahu lebih lagi dan akhirnya aku diterima di beberapa komunitas Beauty, apply project tetapi beberapa brand memberiku kesempatan untuk ikut collab dengan mereka. Bahagia sekali rasanya bisa dipercaya komunitas dan brand untuk mempromosikan produk mereka.

Lambat laun, aku juga lebih rajin ikut ajang giveaway, ya hitung-hitumg bikin konten review tapi budgetnya lebih minim. Biar tidJ ludes karena belum tentu cocok dan bisa dipakai.

Dan sekarang aku lagi rajin mencari tahu bahan apa aja yang gak cocok di kulit aku dan apa saja yang bisa dikombinasikan di kulit aku agar kulit semakin sehat dan sesuai harapan. Dan aku juga lebih sering sharing tentang hal kecantikan di instagram. Hasilnya tidak instan, tapi sangat menyenangkan bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan sesama perempuan bahkan teman pria yang mempunyai masalah sama atau bertanya pendapat tentang kondisi kulit mereka.

Alhamdulilah sedikit demi sedikit ada penghasilan tambahan dari hobiku ini. Mulai dari menjual produk prelove dan produk promo dengan sistem affiliate, lumayanlah bisa mengisi kantong disaat tanggal tua. Aku tidak hanya fokus bekerja di bidang kecantikan saja, tetapi aku juga bekerja di bidang sales smartphone untuk pengahasilan utamaku. Dan keduanya sangat membantuku untuk mengembangkan diri. Bagaimana cara promosi cara berbicara di depan orang lain bahkan gak dikenal dengan lebih percaya diri.

Jadi buat kalian yang galau karena masih menganggur, jangan patah semangat dan ikut-ikutan. Cari apa yang kamu suka dan jika memungkinkan kembangkanlah. Karena tidak ada hasil yang menghianati usaha. Percaya Tuhan selalu punya jalan di setiap kesulitan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading