Sukses

Lifestyle

5 Negara yang Paling Aman untuk Perempuan Tahun 2020

Fimela.com, Jakarta Negara-negara Eropa Utara sering menempati peringkat atas di antara negara-negara paling bahagia di dunia, dipuji atas rangkaian layanan publik gratis dan inklusi sosial mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa negara yang sama mendapatkan skor yang sangat tinggi dalam merawat lansia, juga dengan perempuan di Denmark dengan usia di atas 65 tahun melaporkan sebagian yang paling bahagia di wilayah Eropa. Maka tidak mengherankan jika negara-negara Skandinavia mendominasi daftar negara paling aman untuk perempuan di tahun 2020.

Melansir dari usnews.com (11/11), negara teraman untuk perempuan adalah peringkat berdasarkan persepsi tanggapan dari hampir 9.800 perempuan yang mengisi survei untuk peringkat Negara Teraman 2020. Pemeringkatan tersebut diperoleh dari kompilasi lima negara yang memiliki bobot sama yakni peduli terhadap hak asasi manusia, kesetaraan gender, kesetaraan pendapatan, kemajuan dan keselamatan. Berikut ini lima negara paling aman untuk perempuan di tahun 2020.

Denmark

Denmark naik satu posisi dari tahun sebelumnya sebagai negara nomor 1 dalam peringkat US News 2020 dari negara paling aman untuk perempuan. Pemerintah meningkatkan kesetaraan gender dengan menawarkan sistem penitipan anak terkait pendapatan dan kebijakan cuti orangtua yang paling fleksibel di Uni Eropa. Denmark peringkat ke 13 dari 149 negara dalam Laporan Kesenangan Gender Global Forum Ekonomi Dunia 2018.

Swedia

Swedia turun satu peringkat tahun ini menjadi negara nomor 2 teraman dan terbaik untuk perempuan. Orang Swedia memiliki sikap paling progresif terhadap kesetaraan gender. Baik pria maupun perempuan di negara Nordik cenderung melihat perempuan sebagai kelompok yang tertindas dan para pemimpin tampaknya telah mengambil langkah untuk mengatasinya. Swedia juga memiliki reputasi baik dalam Laporan Kesenjangan Gender Global 2018 dari Forum Ekonomi Dunia, peringkat 3 dari 149 negara.

Belanda

Netherlands peringkat ke 27 dari 149 negara di Forum Ekonomi Dunia Global Gender Gap Report 2018. Negara ini telah membuat kemajuan dalam mempersempit kesenjangan gender di bidang kesehatan, pekerjaan, pendidikan, ekonomi, dan politik. Pemerintah memberikan tunjangan kepada ibu baru, termasuk memberi mereka akses pada perawat meternitas, dengan sebagian atau seluruh biaya ditanggung oleh asuransi.

Norwegia

Norwegia dianggap sebagai salah satu negara dengan kesetaraan gender di dunia. Negara ini menempati peringkat ke 2 dari 149 negara dalam Laporan Kesenjangan Gender Global 2018 dari Forum Ekonomi Dunia. Kebijakan cuti hamil memberikan dukungan ekstra pada perempuan. Para ibu dapat mengambil 35 minggu cuti dengan gaji penuh atau 45 minggu dengan gaji 80%.

Kanada

Kanada menempati peringkat negara ke 5 yang aman untuk perempuan di tahun 2020. Meskipun negara tersebut telah melihat beberapa kemajuan dengan kesetaraan gender dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan yang lambat telah dicapai dalam menutup kesenjangan kesetaraan gaji menurut presiden dan CEO dari Yayayan Wanita Kanada. Kanada beradi diperingkat ke 16 dari 149 negara dalam Laporan Kesenjangan Gender Global 2018 dari Forum Ekonomi Dunia. Laporan tersebut mengamati kesenjangan relatif antara perempuan dan laki-laki di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan politik.

Nah, berikut tadi beberapa negara teraman dan terbaik untuk perempuan 2020. Apakah Sahabat Fimela tertarik untuk mengnjungi salah satu negara tersebut?

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading