Sukses

Lifestyle

5 Hal yang akan Terjadi saat Terlalu Banyak Waktu Bermain Gadget

Fimela.com, Jakarta Terlalu banyak menghabiskan waktu bermain gadget akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Para ilmuwan telah fokus mencari tahu apa yang gadget lakukan pada tubuh dan otak manusia.

Banyak kabar negatif tentang efek gadget, terutama bagi anak. Dilansir dari bustle.com, berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi saat kamu menghabiskan terlalu banyak waktu bermain gadget.

1. Restrukturisasi otak

Menurut sebuah penelitian, menghabiskan banyak waktu bermain gadget pada orang dewasa dapat mengatur ulang materi yang menyusun otak. Otak terdiri dari materi abu-abu, bagian berat yang membentuk lipatan dan materi putih yang mentransmisikan pesan antar neuron.

Orang yang kecanduan bermain gadget memiliki jumlah materi abu-abu yang lebih rendah di berbagai bagian otak. Secara umum, kecanduan gadget terkait dengan penyusutan materi abu-abu, masalah dengan kemampuan materi putih untuk berkomunikasi.

 

2. Lebih rentan mengalami ketegangan mata

Cahaya biru dari layar gadget berdampak buruk bagi mata. Tidak hanya membuat kita tetap terjaga, cahaya biru dari layar gadget juga dapat merusak retina.

Cobalah untuk istirahat setiap 10 sampai 15 menit untuk melihat target jarak jauh. Atau menutup mata sepenuhnya selama 1 atau 2 detik.

3. Mempengaruhi cara memproses emosi

Kurangnya interaksi tatap muka akan menstimulasi koneksi emosional dan berdampak pada kemampuanmu untuk memproses emosi dengan benar.

4. Dapat meningkatkan kematian

Menghabiskan banyak waktu untuk bermain gadget dapat menurunkan hasil kesehatan kardiovaskular dan meningkatkan risiko kematian.

5. Berisiko lebih tinggi depresi

Ada hubungan yang kuat antara banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain gadget dengan gejela depresi. Bagaimana menurutmu?

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading