Sukses

Lifestyle

Di Masa Pandemi Ini, Info yang Paling Banyak Dicari adalah Diskon Belanja

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Mira Yulius

Modis yang saya maksud bukan fashionable, melainkan singkatan dari modal diskon. Hal ini baru saya sadari pada masa awal pandemi Covid-19. Saat itu, seorang junior tiba-tiba mengirim pesan di akun Instagram saya, “Uni, bagi info lowongan kerja dong. Aku baru resign nih, eh malah banyak yang kena PHK.  Hiks." Saya kaget campur sedih karena saya tahu ia orang yang berbakat. Tapi begitulah, kadang kita mengambil keputusan yang ternyata dikemudian baru kita tahu waktunya tidak tepat. Dan itu sudah terlambat.

Berhubung saya orang yang suka membaca, saya teringat info yang pernah saya baca di salah satu aplikasi pertukaran informasi, yaitu mengenai pekerjaan sambilan yang dilakukan secara online. Saya sendiri tidak pernah mencobanya, jadi saya tidak tahu apakah informasi ini membantu dan benar-benar menghasilkan uang. Namun ternyata info tersebut berguna bagi si junior. Bukan pemasukan yang besar memang, tapi ia tetap berterima kasih karena katanya pemasukan tersebut cukup untuk menutupi kebutuhannya di masa pandemi.

Saya pun akhirnya menjadi semangat untuk menginspirasi orang-orang yang saya kenal yang keuangannya terkena imbas Covid-19, seperti saudara yang baru tamat kuliah sehingga langsung jadi pengangguran, teman kos yang gajinya kena potong, dan teman sekampung yang menutup sementara tokonya di Tanah Abang karena larangan berjualan.

Saya kumpulkan info-info pekerjaan yang bisa dilakukan secara online untuk mereka dan info diskon produk tertentu yang berguna untuk mengurangi pengeluaran. Sayangnya info pekerjaan online ternyata tidak terlalu helpful untuk orang-orang yang saya informasikan setelah junior saya sebelumnya. Pekerjaan online seperti mengisi survei, menulis review produk, tutor online, mendesain dan penerjemah adalah pekerjaan yang membutuhkan konsistensi tinggi dan kegigihan.

Tidak semua orang betah melakukannya berjam-jam setiap hari. Justru info saya yang kedua yang banyak digunakan oleh sebagian besar teman-teman yang menerima info saya, yaitu info diskon. Info-info tersebut di antaranya kode promo diskon pulsa di marketplace, kode voucher diskon makanan lewat layanan pesan antar dari aplikasi ojek online, kode voucher hotel dari online travel agent untuk teman kos yang bosan berbulan-bulan di kamar, kode promo bank dan cashback dari beberapa dompet digital, dan masih banyak lagi.

 

Berbagi Info Bermanfaat

Info-info promo tersebut banyak beredar di lingkungan orang-orang yang rajin menggunakan sosial media dan memiliki jiwa sosialiasi secara online yang tinggi, misalnya seperti saya yang mengikuti beberapa komunitas backpacker via Whatsapp. Setelah lama saya cermati, saya menyadari bahwa info-info promo yang sebetulnya bisa membantu mengurangi beban orang miskin ternyata tidak beredar luas di kalangan mereka, melainkan di lingkungan orang-orang menengah ke atas.

Selain itu, saya memperhatikan orang miskin menggunakan kartu kredit untuk membiayai pengeluaran, dan selebihnya tidak menggunakan kartu kredit sama sekali. Sementara di lingkungan teman-teman saya dengan ekonomi menengah ke atas, mereka menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan potongan harga sehingga mengurangi biaya pengeluaran mereka, tanpa membayar bunga dan tanpa biaya tahunan. 

Pernah suatu hari, ada salah satu marketplace mengadakan info diskon 50% jika belanja lewat aplikasi khusus dan saya memberitahukannya kepada seorang tukang cuci dekat rumah saya. Ia senang sekali diberitahu info promo tersebut karena harganya sangat murah. Kadang kala, saya juga merasa merasa bersalah bila membeli sesuatu dengan harga jauh lebih rendah daripada kenalan atau teman yang memiliki kemampuan finansial dibawah saya. Oleh karena itu, saya menebus rasa bersalah saya dengan mensosialisasikan info promo ke teman-teman saya yang membutuhkan via grup whatsapp. Nama grupnya Tim Modis.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading