Sukses

Lifestyle

Mencari Penghasilan Tambahan sebagai Ibu Rumah Tangga, Aku Mulai dengan Cara Sederhana

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Reisa Nurma

Menjadi wanita masa kini sangat diperlukan kemampuan untuk bisa beradaptasi dan produktif. Suamiku adalah wiraswasta dengan penghasilan yang naik turun. Jujur aku merasa tidak tenang untuk meminta uang bulanan dari suamiku, walaupun memang suamiku selalu memberikan uang bulanan tapi aku bertekad bisa punya tambahan penghasilan sendiri untuk kebutuhan pribadi dan tabungan masa depan.

Hidup adalah sebuah pilihan, dan setiap pilihan selalu punya risiko. Aku adalah seorang istri dan ibu dua anak tanpa bantuan nanny dan ART. Kewajiban dan rutinitas harianku cukup menyita waktu tapi semua itu tidak menghalangiku untuk bisa menjadi produktif dan punya tambahan penghasilan.

Lady boss versiku adalah merdeka secara finansial bisa menghasilkan uang dan tetap menjalankan kewajibanku sebagai seorang istri dan ibu. Semua bermula saat ulang tahun anakku yang pertama. Ketika itu aku ingin sekali berbagi bingkisan ke saudara dan kerabat dekat. Aku punya ide untuk membuat nasi kuning berbentuk bento dengan cetakan yang lucu, lalu kukemas dan kuberi tambahan stiker sebagai pemanis tidak lupa aku sertakan nomor WhatsApp-ku siapa tau ada yang tertarik untuk pesan.

 

Mencoba Usaha Sampingan

Seminggu setelah acara, ternyata ada teman yang tertarik untuk pesan dan makin hari pesanan makin banyak. Kadang hampir setiap hari selalu ada saja yang pesan, karena sudah mulai kewalahan aku mencari rekan untuk bagian produksi dan masak, dan aku tetap di bagian penjualan dan pemasaran. Tidak terasa dari yang awalnya bermula ide kecil ternyata usahaku membuahkan hasil, dan menghasilkan pundi rupiah yang jumlahnya cukup lumayan. 

Menjadi seorang Lady boss, aku selalu cek semua pesanan yang masuk. Ada kepuasan tersendiri bagiku ketika bisa memberikan saran pada pelanggan untuk tema stiker serta paket yang dipesan untuk acara mereka. Semua pesan yang masuk aku balas dengan ramah, tidak lupa ucapan terima kasih serta aku minta kritik dan saran setelah pesanan sampai. Semua yang kulakukan adalah upaya aktualisasi diri untuk bisa berkarya dan produktif.

Aku bangga pada diriku sendiri di tengah padatnya aktivitas sebagai istri dan ibu aku tetap bisa produktif dan menghasilkan, aku benar-benar bisa menjadi Lady boss seperti harapanku yaitu merdeka secara finansial dan tetap dekat dengan anak. Walaupun awalnya tidak mudah karena perlu adaptasi dan konsisten dalam membagi waktu tapi hasil yang kudapatkan sepadan dengan usahaku. Jadilah tangguh dan jangan mengeluh, raihlah tujuanmu be the lady boss versimu kalau aku bisa kamu juga pasti bisa.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading