Tak Perlu Terus Menyalahkan Diri Sendiri atas Kesalahan di Masa Lalu

Endah Wijayanti18 Nov 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 18 Nov 2020, 12:15 WIB
jiwa yang rapuh

Fimela.com, Jakarta Adakah kesalahan di masa lalu yang masih terus menghantui? Masih ingat dengan pilihan yang kita buat di masa lalu dan kemudian masih kita sesali hingga saat ini? Kesalahan di masa lalu memang bukan hal yang mudah untuk dilupakan begitu saja. Semakin kerasa melupakannya justru semakin menghujam tajam ingatan akan tentangnya.

Kerap kita malah menghakimi diri sendiri atas kesalahan yang kita buat di masa lalu. Entah itu kesalahan dalam membuat pilihan. Kesalahan dalam menjalani sebuah hubungan. Kesalahan dalam hidup yang tak pernah bisa kita perbaiki lagi. Kesalahan dalam menentukan sebuah arah saat berada di persimpangan. Sesuatu yang terjadi di masa lalu memang tak bisa kita lupakan begitu saja.

Yang Terjadi di Masa Lalu adalah Pelajaran

cara move on
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@d-ng-nhan-324384

“Don’t waste your time in anger, regrets, worries, and grudges. Life is too short to be unhappy.”― Roy T. Bennett

Kita tak bisa menolak realita yang jelas ada di depan mata. Kenyataan bahwa kita tak akan pernah bisa kembali ke masa lalu. Kenyataan bahwa ada hal-hal yang memang tak akan bisa kita perbaiki untuk selamanya. Namun, jangan sampai lupa dengan kenyataan bahwa kita masih punya kesempatan. Kesempatan untuk memperbaiki diri. Kesempatan untuk melangkah lebih jauh di sebuah persimpangan baru.

Apa pun kesalahan yang pernah kita lakukan di masa lalu, terimalah sebagai bagian dari pembelajaran penting dalam hidup. Kesalahan yang pernah kita lakukan dan perbuat memang bukan sesuatu yang indah. Meskipun begitu, kita bisa semakin dewasa dan lebih bijak karena berhasil melewati masa sulit tersebut.

 

Bersedih Secukupnya Saja

cara untuk move on 2
Ilustrasi./Copyright unsplash.com/@aiony

Jika masih merasa sedih, bersedihlah. Jika memang ingin menangis, izinkan air matamu mengalir. Namun, jangan sampai lupa untuk memeluk dirimu sendiri. Memang tak semuanya akan selalu berjalan baik-baik saja, tapi kita akan selalu punya kemampuan dan kekuatan untuk terus melangkah.

Saat ini kamu sedang berada di persimpangan. Persimpangan hidup yang menyajikan pilihan baru. Jangan putus harapan. Sang Maha Kuasa akan selalu membantu kita melewati setiap kesulitan yang ada. Tetaplah berprasangka baik kepada-Nya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓