Manfaat Mengonsumsi Minuman Pisang untuk Diet Sehat

Annissa Wulan20 Nov 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 20 Nov 2020, 09:30 WIB
Ilustrasi pisang

Fimela.com, Jakarta Pisang adalah salah satu buah yang paling populer untuk dibuat menjadi segala macam menu diet sehat, termasuk minuman. Banyak orang menjadikan pisang sebagai alternatif sarapan yang nyaman, camilan cepat, komponen dalam rutinitas sehat, atau strategi untuk membantu mencapai target berat badan.

Minuman pisang sering digunakan sebagai cara mudah untuk memasukkan kalori dan nutrisi ke dalam gaya hidup atau diet sehat untuk mendukung tujuan penurunan atau kenaikan berat badan. Pisang juga sering digunakan untuk mendukung pemulihan dari kondisi mabuk.

Dilansir dari healthline.com, berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi minuman pisang untuk diet sehat. Penasaran?

1. Penambahan berat badan

Satu buah pisang ukuran sedang mengandung kurang lebih 100 kalori. Untuk meningkatkan berat badan, kamu harus memasukkan beberapa pisang ke dalam minuman beersama dengan bahan berkalori tinggi lainnya.

2. Penurunan berat badan

Pisang kaya serat, masing-masing mengandung 3 sampai 4 gram. Nutrisi ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, mencegah makan berlebihan atau ngemil di antara waktu makan, dan mendukung diet sehat.

 

3. Olahraga

Ilustrasi pisang
Ilustrasi pisang. Sumber foto: unsplash.com/Gabrielle Henderson.

Pisang adalah sumber karbohidrat kompleks yang kaya, yang dapat meningkatkan simpanan glikogen otot dan kalium, yang membantu mencegah kram otot. Pisang juga menyediakan aliran glukosa yang stabil, membuatnya sempurna untuk memicu olahraga.

4. Mabuk

Alkohol meningkatkan intensitas buang air kecil dan menghambat produksi hormon tertentu yang membantu tubuh menahan air. Hal ini dapat mengakibatkan hilangkan elektrolit, seperti kalium dan pisang adalah sumber yang kaya akan mineral ini.

Namun, jika kamu membeli minuman pisang yang dijual di pasaran, pertimbangkan bahwa mereka menggunakan banyak gula tambahan. Cara terbaik untuk mengonsumsi minuman pisang guna mendukung diet sehat adalah dengan membuatnya sendiri.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓