6 Tips Cerdas Mengelola Keuangan di Tengah Resesi

Gayuh Tri Pinjungwati19 Nov 2020, 18:15 WIB
Diperbarui 19 Nov 2020, 18:15 WIB
mengelola keuangan

Fimela.com, Jakarta Sederhananya, resesi adalah periode waktu di mana suatu daerah atau negara mengalami penurunan kegiatan ekonomi yang berlangsung selama lebih dari beberapa bulan. Biasanya selama resesi, Sahabat Fimela akan melihat peningkatan pengangguran, penurunan belanja konsumen, dan berkurangnya aktivitas ekonomi seperti manufaktur atau produksi barang. Resesi bisa berlangsung selama berbulan-bulan atau terkadang bahkan bertahun-tahun.

Bagian dari apa yang membuat resesi sulit untuk diprediksi adalah bahwa resesi dapat disebabkan oleh sejumlah faktor berbeda. Salah satu contoh bagus dari ketidakpastian ini adalah kemerosotan ekonomi saat ini yang disebabkan oleh pandemi virus Corona. Dalam hal ini, perlu untuk kita mengelola keuangan dengan benar di masa sulit seperti ini. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengelola keuangan di masa resesi.

Tingkatkan Tabungan

Meskipun kemampuanmu untuk menghasilkan uang dalam resesi terkadang terhalang, banyak dari pengeluaran tetap kemungkinan besar akan tetap sama. Sewa, utilitas, bahan makanan, dan pembayaran hutang masih perlu dilakukan. Hal terbaik yang perlu dirimu lakukan adalah memiliki tabungan untuk melindungimu dan keluarga serta membayar tagihan bulanan. Jika dirim baru memulai, sangat disarankan untuk memulai dengan menyiapkan dana darurat. Ini hanya untuk digunakan jika dirimu perlu menangani pengeluaran tak terduga, seperti perbaikan kendaraan atau mengganti peralatan rumah yang rusak. Ini bukan dana liburanmu.

Kurangi Pengeluaran

Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan dalam menabung untuk mengurangi pengeluaran bulanan. Jika dirimu kesulitan mengidentifikasi kebutuhan apa yang mungkin dapat menarik kembali pengeluaran, berikut beberapa tip yang masuk akal untuk meminimalkan pengeluaran sehari-hari:

  • Selalu bandingkan harga dari beberapa pengecer
  • Batalkan keanggotaan gym dan berolahraga di rumah
  • Meminta penawaran untuk polis asuransi rumah dan mobil yang lebih rendah
  • Belilah produk bekas jika memungkinkan
  • Gantilah soda, jus, dan minuman lainnya dengan air putih
  • Masak di rumah alih-alih memesan makanan dari luar

Segera Lunasi Utang

atur uang sebagai ibu rumah tangga
Ilustrasi mengatur uang keluarga./Copyright shutterstock.com/g/korrawin

Beberapa orang gagal menyadarinya, tetapi keluar dari hutang adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi pengeluaran bulanan. Jika dirimu tidak dapat melunasi kartu kredit atau hutang lain seluruhnya, maka masih ada cara untuk membantu mengurangi pembayaran bulanan. Misalnya, dirimu mungkin dapat melunasi utang dari kartu kredit dengan bunga lebih tinggi ke kartu dengan tingkat bunga lebih rendah.

Ubah Anggaran Pribadi

Setelah mencari tahu berapa banyak yang perlu dihemat dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, seharusnya cukup mudah untuk membuat anggaran baru. Mulailah dengan melacak pengeluaran baru dan pendapatan yang diharapkan selama beberapa bulan. Cari tahu apa yang bisa dihemat dan tentukan berapa banyak yang harusĀ  disisihkan setiap bulan. Jika ini adalah anggaran keluarga, sisihkan waktu untuk membahas rencanamu untuk memastikan bahwa semua orang memahami tujuan dan siap untuk bekerja sama menuju tujuan tersebut.

Tambahan Penghasilan

perubahan prioritas dan uang
Menyesuaikan prioritas./Copyright shutterstock.com/g/miya227

Resesi sulit diprediksi dan penyebabnya bisa lebih sulit untuk diidentifikasi. Namun, satu hal positif yang bisa datang dari resesi adalah terkadang itu memberikan kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru. Memulai usaha sampingan selama kemerosotan ekonomi dapat membantu memasukkan uang ekstra ke dalam sakumu dalam jangka pendek, tetapi juga dapat membantu mengembangkan keterampilan baru yang dapat dipasarkan yang meningkatkan potensi penghasilanmu dari waktu ke waktu.

Tetap Positif

Resesi bisa membuat frustasi, mengecilkan hati, dan membuatmu keluar jalur ketika harus mencapai tujuan keuangan. Kabar baiknya, ituĀ  tidak bertahan selamanya, ingatlah bahwa resesi hanyalah kemunduran sementara. Tetap positif dan terus bekerja menuju tujuanmu. Bahkan sebelum dirimu menyadarinya, ekonomi pasti akan bangkit kembali.

Nah, itu tadi beberapa tips saat menghadapi negara yang mengalami resesi, tetapi berpikir positif ya Sahabat Fimela!

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓