Fungsi Seledri dalam Masakan, Penyedap sekaligus Penghilang Bau Amis

Febi Anindya Kirana20 Nov 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 20 Nov 2020, 17:15 WIB
Daun seledri

Fimela.com, Jakarta Jika bicara tentang seledri, kemungkinan kamu akan lebih mudah menemukan seledri sebagai salah satu bahan utama saat memasak sup sayuran atau sup lainnya. Seledri juga bisa dijadikan taburan dalam berbagai menu makanan berkuah.

Beberapa makanan yang biasanya menggunakan seledri adalah sup sayur, soto, sup ayam, bakso, sup ikan, bubur ayam, cap cay dan bahkan nasi goreng. Namun apa saja sebenarnya fungsi seledri dalam masakan?

Pertama, seledri berfungsi sebagai penyedap masakan alami karena memiliki aroma dan citarasa yang unik sehingga membuat makanan semakin sedap. Seringkali makanan terutama sup dan soto, tidak terasa tidak lengkap dan sedap tanpa menggunakan seledri.

Fungsi Seledri dalam Masakan

seledri
ilustrasi seledri/Photo by Milada Vigerova on Unsplash

Kedua, seledri berfungsi sebagai penghilang bau dan rasa amis pada bahan makanan yang kemungkinan menimbulkan aroma amis seperti pada sup ikan, sup ayam dan sup daging. Bau dan aroma daging akan mudah dihilangkan atau disamarkan dengan aroma rempah yang kuat dari seledri.

Ketiga, seledri berfungsi sebagai penyegar makanan. Seledri bukan hanya bisa dicampurkan ke dalam masakan yang direbus namun juga bisa dijadikan taburan bersama dengan daun bawang, misalnya pada bakso dan bubur ayam. Seledri akan memberi tambahan rasa segar di lidah untuk makanan yang memiliki rasa asin yang kuat atau enek.

Jadi, jika kebetulan ada tambahan seledri dalam beberapa resep makanan yang kamu temui, sebisa mungkin jangan ditinggalkan ya, karena fungsinya sangat penting di dalam masakan.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓