Sukses

Lifestyle

Semarak Malam Anugerah Kreatif Lokal Award 2020: Dari Pengumuman Pemenang sampai Penampilan Artis Ternama

Fimela.com, Jakarta Malam Anugerah Kreatif Lokal Award 2020 yang diselenggarakan pada Jumat 13 November 2020 berjalan sangat meriah. Acara yang digelar sebagai wujud dukungan Adira Finance terhadap perkembangan UKM lokal, merupakan bentuk apresiasi terhadap jasa para UKM yang berhasil menjaga konsistensi dan kontribusinya di bidang perekonomian. Event yang disiarkan secara live streaming di Vidio.com tersebut menjadi bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020. Ingin tahu bagaimana serunya rangkaian acaranya?

Pengumuman Pemenang dari Tiap Kategori

Kreatif Lokal Award 2020 yang dihelat sejak Agustus lalu pada akhirnya berhasil meloloskan 18 UKM sebagai finalis dari 6 kategori kreatif yang dilombakan, yaitu Kuliner, Pertunjukan, Video, Fotografi, Kriya dan Fashion.

Para pemenang berhak memperoleh berbagai hadiah menarik. Mulai dari business coaching dan mentoring dari Coach Daniel Tumiwa serta Bukalapak, pendampingan usaha dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan lapak online eksklusif di Bukalapak. Kemudian penerima Kreatif Lokal Award 2020 juga akan mendapatkan exposure di media massa senilai total lebih dari Rp 800 juta serta hadiah uang tunai senilai total puluhan juta rupiah.

Penasaran siapa yang berhasil keluar sebagai pemenang? Cek daftar berikut yuk siapa tahu ada jagoanmu!

Kategori Fashion:

• Peringkat 1: Reza Yuliani, Ezmour dari Bogor, Jawa Barat.

• Peringkat 2: Alfira Oktaviani, Semilir dari Bekasi, Jawa Barat.

• Peringkat 3: Ajeng Pangestu, Balabalabear dari Bogor, Jawa Barat.

Di kategori ini, Ezmour mendapatkan nilai tertinggi di mata dewan juri. UKM fashion yang lahir sejak 2016 ini fokus pada usaha memproduksi tas dan sepatu kulit. Produk-produknya memakai kulit sapi asli berstandar internasional dan kini Ezmour bisa memproduksi sampai 1000 produk per bulannya. Di masa pandemi seperti sekarang, Ezmour ingin menciptakan lapangan pekerjaan dengan mengembangkan lini bisnis baru di bidang sintetis, agar masyarakat di sekitar lingkungannya bisa tetap punya pekerjaan.

Kategori Fotografi:

• Peringkat 1: Ahyar Muawal, Kotak Narsis dari Makassar, Sulawesi Selatan.

• Peringkat 2: Cecep Cahyana, Fireworks dari Lembang, Jawa Barat.

• Peringkat 3: M. Agus Mahardika, Mball Digital dari Bali.

Dewan Juri memberi nilai tertinggi kepada Kotak Narsis, UKM yang berdiri pertama kali pada 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan. Berawal dari pengalaman sang pemilik yang berfoto di acara pernikahan tetapi hasil fotonya enggak bisa dilihat, lahirlah Kotak Narsis, jasa photobooth event di mana pengunjung enggak cuma bisa berfoto, tetapi juga melihat hasil fotonya dan menjadikannya sebagai suvenir. Kotak Narsis punya tiga cara buat tetap bertahan di masa pandemic. Pertama, membuat inovasi baru dengan melibatkan Camera Live 360. Kemudian pada bidang marketing, mereka akan menjalin kerja sama di bidang digital, serta ketiga merangkul pelajar atau mahasiswa dengan membuat Kotak Narsis Rangers supaya mereka bisa mendapatkan uang tambahan.

Kategori Pertunjukan:

• Peringkat 1: Andin Destian, Serumpun Lima dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

• Peringkat 2: M. Subhan, Congwayndut dari Semarang, Jawa Tengah.

• Peringkat 3: Arif Baskoro, Manjer Kawalian Theater dari Bantul, Yogyakarta.

Serumpun Lima punya semangat dan inisiatif buat melestarikan kebudayaan daerah, seperti halnya Congwayndut dan Manjer Kawalian Theater. Namun hal yang membuat mereka menempati peringkat pertama di mata Dewan Juri adalah kegigihan dalam mengatasi tantangan yang cukup besar, karena harus merangkai gerakan, lagu, dan komposisi talent yang melibatkan gerakan pembelajaran tentang budaya. Seringkali mereka bahkan sampai mendekati tetua adat untuk mendalami gerakan tari, untuk menjaga nilai orisinalitasnya. Nah, untuk menghadapi pandemi saat ini, UKM ini sedang merencanakan program pertunjukan virtual, serta mengikuti lomba-lomba virtual dengan video live.

Kategori Kuliner:

• Peringkat 1: Dewi Fatimah, Dewi Home Crab dari Banten.

• Peringkat 2: Rahayuningtias, Dapur Chantique dari Jawa Timur.

• Peringkat 3: Yulia Anggraeni, Wayo Strawberry dari Yogyakarta.

Dewi Home Crab mendapatkan nilai tertinggi karena mengolah berbagai jajanan olahan dari kepiting rajungan. Mulai dari nugget sampai kerupuk rajungan yang unik dan punya cita rasa berbeda. Salah satu poin keunggulannya adalah pempek rajungan yang unik dan belum memiliki pesaing serta dinilai memanfaatkan hasil kekayaan laut Indonesia. Saat pandemi, UKM asal Banten ini ingin memperluas jaringan dengan membuka kerja sama dengan reseller yang memasarkan usaha kepada marketplace.

Juara Kategori Kriya:

• Peringkat 1: Muhammad Ikhwan, Dekardekor Shop dari DKI Jakarta.

• Peringkat 2: Nur Kholis, Bangsawan Tekstil dari Jawa Timur.

• Peringkat 3: Novita Ratnasari, Tenun Eboon dari Bekasi, Jawa Barat.

Untuk kategori ini, Dewan Juri memberikan penilaian tertinggi kepada Dekardekor Shop. Keterbatasan enggak menghalangi sang pemilik untuk berkarya menjalankan usaha kreatifnya memproduksi hiasan dinding berupa poster kayu. Berawal dari kemampuan internet yang dimiliki, dengan kondisi difabel, ia berkolaborasi dengan sang istri menciptakan produk kayu yang simpel dan mudah dibuat. Saat pandemi, rencananya sang pemilik akan membuat inovasi karya yang lebih ekonomis dengan kualitas terjaga, serta menaikan budget promosi.

Juara Kategori Video:

• Peringkat 1: Faisal Ilyas, Aceh Documentary dari Aceh.

• Peringkat 2: Anggi Kurniawan, Kisah Bersama Studio dari Aceh.

• Peringkat 3: Andi Said Tandio, Riplay Studio dari Jawa Tengah.

Dari kategori Video, Dewan Juri memberikan nilai tertinggi kepada Aceh Documentary. UKM ini juga berhasil menjadi Juara Favorit di Kreatif Lokal Award 2020. Memakai isu yang dimiliki daerah Aceh sebagai salah satu nilai jual tersendiri untuk membuat film dokumenter, sejak 2013 Aceh Documentary berupaya meningkatkan keahlian kelompok masyarakat di semua aspek perfilman. Selain itu, mereka juga punya visi buat mendorong implementasi medium film dalam kampanye sosial, lingkungan, pendidikan, budaya dan tentu saja kearifan lokal.

Juara Favorit: Aceh Documentary dari Aceh

Penghargaan khusus juga didapatkan UKM Aceh Documentary, karena terpilih menjadi juara favorit berdasarkan vote dari penonton yang menyaksikan babak final penjurian Kreatif Lokal Award 2020 pada 18 dan 25 Oktober 2020 lalu. Mereka pun berhak mendapatkan tambahan hadiah uang tunai Rp 10 Juta,-.

Selebrasi Ulang Tahun ke-30 Adira Finance

Malam Anugerah Kreatif Lokal Award menjadi momen yang spesial mengingat penyelenggaraannya bertepatan dengan ulang tahun ke-30 Adira Finance. Secara khusus, Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para UKM karena tetap konsisten mengembangkan usaha di masa pandemi.

“Lewat Kreatif Lokal Award 2020, 18 pelaku wirausaha telah menunjukkan prestasi kinerja mengagumkan dengan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas, sehingga meningkatkan taraf hidup dirinya sendiri dan lingkungan sekitar. Kami berharap mereka dapat menginspirasi kita semua, serta memberikan semangat untuk bersama-sama bangkit dan bersinergi dalam memajukan perekonomian Indonesia,” jelas Hafid Hadeli, saat memberikan sambutan di Malam Anugerah Kreatif Lokal 2020.

Pada kesempatan ini, Sandiaga Uno, yang hadir sebagai salah satu tokoh kreatif, turut memberikan penghargaannya terhadap prestasi para UKM. “Untuk sahabat pelaku usaha kreatif, di tengah pandemi di tengah keterpurukan ekonomi, kita sekali lagi berbicara UKM menjadi tulang punggung ekonomi negara ini. Di saat pandemi ini juga pelaku UKM membuktikan diri bisa bertahan dan UKM ini memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi Indonesia.

Penampilan Istimewa dari Yura Yunita, Rizky Febian, dan juga Luna Maya

Tiga artis istimewa juga turut menampilkan performa terbaiknya, sehingga menambah kemeriahan acara malam itu. Yura Yunita langsung menggebrak panggung dengan lagu-lagu super happy seperti Hoolala dan Berawal Dari Tatap. Kemudian ada juga Rizky Febian yang tampil memukau saat menampilkan hits kerennya seperti Cuek serta Mantra Cinta. Tak ketinggalan, ada Luna Maya dan Iwet Ramadhan yang diplot sebagai host dan sukses membawakan acara sampai akhir dengan sangat meriah.

Setelah sukses dengan Kreatif Lokal Award 2020, bersiaplah menyambut penyelenggaraan Konser Kreatif Lokal pada 16 Januari 2021. Konser musik ini akan dimeriahkan beberapa artis ternama yang akan tampil untuk kegiatan amal menarik donasi bagi pelaku UKM yang terkena dampak dari pandemi.

Melalui Kreatif Lokal Award 2020, Adira Finance mewujudkan dukungannya terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. Kegiatan ini menjadi program corporate social responsibility (CSR) yang diselenggarakan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk selalu memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa. Hal ini tertuang pada salah satu corporate branding yang dimiliki yaitu “Adira Finance untuk Indonesia”.

Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020 dimana Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI untuk mengangkat tema #BangkitBersamaSahabat. Festival ini diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading