5 Makanan Diet Pengganti Nasi yang Baik untuk Turunkan Berat Badan

Nabila Mecadinisa25 Nov 2020, 11:30 WIB
Diperbarui 25 Nov 2020, 11:30 WIB
nasi putih

Fimela.com, Jakarta Saat diet, banyak orang yang menghindari konsumsi nasi dengan alasan takut gemuk. Padahal sebenarnya, nasi menjadi sumber energi dengan kandungan karbohidrat baik dikonsumsi dengan porsi seimbang. Agar kita tetap bisa konsumsi karbohidrat, maka ada baiknya untuk mengganti nasi dengan sumber lain yang dianjurkan saat sedang diet. Penasaran ada apa saja?

1. Shirataki

Shirataki terbuat dari glucomanan, jenis serat yang didapat dari akar tanaman konnyaku, dan biasanya berbentuk mi atau beras. Makanan pengganti nasi ini sebagian besar kandungannya terdiri dari air; satu porsi beras shirataki seberat 85 gram kalorinya bisa di bawah lima kkal atau nyaris bebas kalori.

2. Ubi rebus

ilustrasi ubi jalar merupakan tanaman herbal/pexels
ilustrasi ubi jalar merupakan tanaman herbal/pexels

Satu ubi jalar berukuran sedang mengandung 100 gram kalori, 25 gram karbohidrat sehat, bahkan kadar vitamin A dengan jumlah 6 kali lipat dari kebutuhan harian. Makan ubi jalar yang direbus bagus untuk mengganti nasi karena makanan ini mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh sehingga gula darah tetap aman.

3. Oatmeal

Oatmeal juga merupakan makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa kamu pilih. Serat dalam oatmeal dapat membantu kenyang lebih lama, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga dapat mengontrol kadar gula darah. Meski terbilang sehat, hati-hati saat memilih topping untuk oatmeal ini. Hindari topping manis dan tinggi kalori untuk makan makanan pengganti nasi yang satu ini.

4. Kacang merah

Kacang Merah
Kacang Merah (sumber: iStock)

Kacang merah mengandung serat yang melancarkan pencernaan sekaligus mencegah sembelit, serta protein yang dibutuhkan untuk perbaikan jaringan tubuh. Rendam kacang merah terlebih dahulu dan mengganti air rendaman beberapa kali sebelum dimasak.

5. Singkong

Selain nasi merah, salah satu pengganti nasi lainnya adalah singkong. Umbi berwarna putih ini memiliki rasa yang lebih gurih alami. Untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan langsing, olah singkong dengan cara direbus ataupun dikukus.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓