Trik Sukses Bisnis Han Ji Pyeong dengan Perhitungan Bukan Harapan

Vinsensia Dianawanti27 Nov 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 27 Nov 2020, 18:00 WIB
Kim Seon Ho  (Photo by tvN, Courtesy of Netflix)

Fimela.com, Jakarta Karakter Han Ji Pyeong yang diperankan oleh Kim Seon Ho belakangan eksis di media sosial berkat drama Korea, 'Start Up'. Diceritakan Han Ji Pyeong merupakan anak yatim piatu yang sukses dan kaya raya dengan bisnis yang dijalani.

Di masa pandemi seperti ini bisnis lokal cukup menjamur mengingat banyak orang yang juga kehilangan pekerjaan. Bukan tidak mungkin jika masing-masing bisnis lokal yang kini bertumbuh bisa sukses seperti Han Ji Pyeong.

Dalam sesi webinar, CEO Zap Finance Prita Ghozie menjelaskan trik sukses bisnis yang dilakukan oleh Han Ji Pyeong.

"Di salah satu episode Han Ji Pyeong pernah bilang modal buat usaha itu bukan berdasarkan harapan. Itu magic tricks. Tapi berdasarkan data," jelas Prita.

Jangan didasari oleh harapan bisnis berkembang

Kim Seon Ho
Kim Seon Ho (Foto: Netflix)

Saat menganalisis perkembangan bisnis jangan didasari harapan yang ingin kamu capai. Kamu harus berpatok pada data yang ada sehingga dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat. Bukan membuat proyeksi bisnis dengan dasar harapan bisnis tersebut akan berkembang.

Banyak orang yang berbisnis melihat keuntungan yang diperoleh merupakan keuntungan yang nyata. Sementara modal yang dikeluarkan belum sepenuhnya kembali.

"Kira-kira dari usaha yang kamu lakukan break event poinnya sampai kapan. Pada saat seseorang punya keuntungan, biasanya langsung dibilang untung. Padahal belum balik modal. Akibatnya untungnya itu tadi dipakai untuk hal lain," jelas Prita.

Saat kamu mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan jangan langsung dianggap sebagai untung. Kamu harus menghitung apakah keuntungan tersebut sudah menutupi besaran modal awal yang kamu keluarkan untuk bisnis.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓