Sukses

Lifestyle

Inovasi untuk Hadapi Pandemi dari Pemenang L'Oreal-UNESCO For Women in Science 2020

Fimela.com, Jakarta L'Oreal tidak berhenti memberi dukungan dan apresiasi tinggi pada ilmuwan perempuan Indonesia melalui berbagai program berbasis sains. Hari ini, L'Oreal-UNESCO For Women in Science National Fellowship 2020 kepada 2 ilmuwan perempuan atas usaha mereka dalam mengembangkan inovasi guna menghadapi pandemi.

Para pemenang L'Oreal-UNESCO For Women in Science National Fellowship 2020 adalah Dr. Anggia Prasetyoputri, M.Sc., dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dengan Deteksi Koinfeksi Bakteri pada Pasien COVID-19 melalui Metode Sekuensing dari Sampel Swab. Anggia Prasetyoputri memiliki ketertarikan pada dunia sains sejak dulu, dilatar belakangi oleh sang ibunda yang juga seorang peneliti di bidang kesehatan lingkungan.

Ia menyadari bahwa ada kemungkinan pasien COVID-19 terjangkit bakteri dan virus lain, selain SARS-CoV-2. Ada koinfeksi atau infeksi simultan oleh bakteri dapat terjadi karena bakteri memiliki sifat oportunis yang bisa masuk saat tubuh sedang lemah, dan diketahui dapat memperparah kondisi sebagian pasien COVID-19.

Dengan metode pengurutan basa nukleotida atau sekuensing dari sampel swab, Anggia berharap dapat membantu tenaga medis dalam mengidentifikasi ada tidaknya bakteri patogen di dalam tubuh pasien COVID-19 dalam waktu singkat, dan juga dapat membantu memberikan informasi kepada dokter untuk memberikan antibiotik yang tepat kepada pasien. Inovasi itulah yang membuat Anggia menjadi pemenang dari L'Oreal-UNESCO For Women in Science National Fellowship 2020.

 

L'Oreal-UNESCO For Women in Science National Fellowship 2020

Selain itu, ada Latifah Nurahmi, MSc, PhD, dari Institut Teknologi Sepuluh November dengan Robot Operasi Reduksi Fraktur sebagai Teknik Bedah Invasif Minimal. Latifah terinspirasi dari kedua orangtuanya yang berkarier di bidang akademis.

Melalui pendidikan S3 di bidang Robotika, Latifah melihat potensi yang besar di bidang kedokteran, di mana pemanfaatan robot dalam mengurangi risiko operasi masih belum maksimal. Pengembangan penelitian ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi dunia kedokteran Indonesia, terutama di saat pandemi ini dengan keterlibatan teknologi robotika di dunia media yang berperan besar untuk mengurangi risiko kontak fisik antara pasien dan dokter.

L'Oreal Indonesia terus berkomitmen mendukung ilmuwan perempuan dan para pemenang L'Oreal-UNESCO For Women in Science 2020 akan segera memulai eksplorasinya dalam melahirkan solusi di bidang kesehatan. Bagaimana menurutmu?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading