Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Webinar

Kezia Prasetya Christvidya28 Nov 2020, 10:15 WIB
Diperbarui 22 Des 2020, 13:32 WIB
webinar-kezo

Fimela.com, Jakarta Dimasa pandemi ini, istilah webinar sering kali muncul. Webinar adalah singkatan dari web seminar. Webinar adalah merupakan media untuk melakukan seminar online.

Walaupun dilakukan secara online, tapi seminar ini banyak diikuti dan diminati oleh banyak peserta. Melalui webinar ini, kamu tetap bisa bertatap muka dengan teman-temanmu, mengobrol bareng teman-teman, berkumpul dengan teman dan membantu memutuskan rantai covid-19.

Webinar ini dilakukan hampir sama dengan mengikuti seminar offline. Hanya saja saat melakukan webinar, kamu tidak bisa berjumpa secara langsung dengan peserta webinar yang lainnya.

Kalau kamu rajin mengikuti webinar, kamu juga bisa mendapatkan banyak ilmu dan informasi dari pembicara-pembicara ternama. Berikut pengertian, fungsi dan cara kerja webinar, dilansir dari Liputan6.com:

Pengertian dan Fungsi Webinar

ilustrasi pengertian webinar/Julia M Cameron/pexels
ilustrasi pengertian webinar/Julia M Cameron/pexels

Webinar adalah singkatan dari web dan seminar, yang merupakan kegiatan seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi tertentu dengan menggunakan internet. Kegiatan webinar ini bisa diikuti banyak peserta online, seperti kegiatan seminar pada umumnya.

Webinar memiliki fungsi tersendiri, yang membuat pesertanya antusias untuk mengikuti kegiatan seminar online ini. Berikut fungsi webinar:

1. Sebagai Media Informasi

Fungsi pertama webinar adalah sebagai media informasi. Biasanya kegiatan webinar ini mengangkat tema atau isu-isu penting yang terjadi di masyarakat. Sehingga orang yang mengikuti webinar ini, bisa mendapatkan informasi dan pelajaran khusus dari pemateri webinar tersebut.

2. Sebagai Media Promosi

Dalam pelaksanaan webinar, bisa berfungsi sebagai media promosi baik barang maupun jasa. Karena dalam sebuah webinar yang berkualitas dan pembicara yang handal, bisa menarik penonton untuk membeli produk yang ditawarkan dalam seminar tersebut.

Manfaat Webinar

ilustrasi manfaat webinar/Yan/pexels
ilustrasi manfaat webinar/Yan/pexels

Setelah mengetahui fungsi diatas, berbagai manfaat bisa kamu dapatkan di dalam webinar ini. Berikut manfaatnya:

Bagi Peserta

Mengikuti kegiatan webinar bisa mendapatkan manfaat dan keuntungan yang banyak bagi peserta. Peserta bisa mendapatkan ilmu, informasi serta relasi baru tanpa harus keluar rumah dan menghabiskan banyak waktu, tenaga serta uang.

Bagi Pemasar

Selain manfaat bagi peserta, webinar juga memiliki manfaat untuk pemasar, yaitu bisa mempromosikan produk, menjaring leads serta mudah membagikan informasi kepada peserta.

Jenis Webinar

ilustrasi jenis webinar/Artem Podrez/pexels
ilustrasi jenis webinar/Artem Podrez/pexels

Setelah mengetahui pengertian, fungsi dan manfaat webinar, ternyata webinar ini dibagi kedalam tiga jenis yang akan memudahkan proses pelaksanaan acara dan memudahkan mengarahkan topik pembicaraan. Berikut tiga jenis webinar:

The Lead-Generation or Sales Webinar

Jenis webinar yang satu ini, biasanya digunakan oleh pemasar untuk meningkatkan leads. Para peserta dapat mendaftarkan webinar ini melalui website yang disediakan, kemudian peserta akan diberikan akses untuk mengikuti webinar ini. Peserta yang ingin mencari banyak informasi baru, dapat mengakses materi dan modul yang diberikan dalam seminar tersebut.

The One-Off For-Profit Webinar

Jenis webinar yang kedua ini, memiliki tujuan untuk memahamkan peserta dan mencari keuntungan untuk pemasar. Biasanya untuk mengikuti webinar ini, peserta harus membayarkan biaya pendaftaran. Jenis webinar yang satu ini, biasanya diisi oleh pembicara yang profesional, handal dan memiliki banyak pengetahuan serta informasi yang banyak. Namun harus berhati-hati dalam membayar webinar yang palsu.

The Multi-Module Webinar or Webinar Series

Jenis webinar yang terakhir, yaitu merupakan webinar yang termasuk golongan terbaik. Karena dalam webinar ini, akan membahas tema yang sesuai, lalu diisi oleh pembicara yang berkualitas, dijelaskan dengan komprehensif, para peserta dapat meminta materi, peserta bisa mengajukan pertanyaan dan peserta juga bisa mendapatkan hampers.

Lanjutkan Membaca ↓