Arti Insecure, Kenali Tanda dan Cara Mengatasinya

Kezia Prasetya Christvidya28 Nov 2020, 11:15 WIB
Diperbarui 28 Nov 2020, 12:39 WIB
insecure-kezo

Fimela.com, Jakarta Secara umum, arti insecure adalah perasaan yang tidak aman atau takut yang sering dialami. Perasaan ini bisa muncul secara sadar atau tidak sadar. Perasaan ini juga bisa muncul saat merasa bersalah, merasa memiliki kekurangan dan kadang merasa tidak mampu.

Kondisi insecure ini, bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, takut berinteraksi dengan seseorang, membuat pikiran menjadi stres dan sangat susah untuk tidur karena terlalu overthinking.

Biasanya hal yang membuat seseorang menjadi insecure adalah warna kulit, berat badan, tinggi badan atau bentuk fisik yang lainnya. Sebenarnya perasaan insecure ini sangat wajar terjadi, tetapi perasaan insecure ini tidak boleh dirasakan terlalu lama.

Perasaan insecure ini juga bisa dating dari orang lain, yang suka membanding-bandingkan kelebihan dan kekurangan orang. Yuk pahami arti insecure, kenali tanda-tanda dan cara mengatasinya, dilansir dari Bola.com:

Arti Insecure

ilustrasi arti insecure/Deden Dicky Ramdhani/pexels
ilustrasi arti insecure/Deden Dicky Ramdhani/pexels

Arti insecure di dalam dunia psikologi adalah suatu emosi yang sedang terjadi, pada saat seseorang menilai tentang dirinya lebih rendah, dibandingkan dengan kelebihan yang orang lain miliki.

Pada saat perasaan insecure ini muncul, biasanya seseorang akan merasa malu, tidak aman, merasa bersalah, merasa diri sendiri memiliki banyak kekurangan dan merasa paling rendah. Semakin kamu merasakan ketidak percayaan diri, semakin besar rasa insecure yang ada di dalam dirimu.

Perasaan insecure yang terlalu besar ini, memiliki dampak yang kurang baik untuk dirimu sendiri. Karena bisa membuatmu takut untuk bersosialisasi, lebih memilih untuk mengurung diri, merasa canggung saat bertemu dengan orang lain dan bisa menjadikan sebagai orang yang sangat terpuruk.

Tanda-Tanda Insecure

ilustrasi tanda insecure/Jure Širić/pexels
ilustrasi tanda insecure/Jure Širić/pexels

Saat perasaan insecure muncul pada seseorang, biasanya akan muncul beberapa tanda-tanda yang dapat disadari maupun tidak disadari. Berikut tanda-tandanya:

1. Memandang Diri Sendiri Rendah

Tanda-tanda insecure muncul adalah saat kamu merasa diri sendiri paling rendah. Tanda-tanda ini bisa muncul karena memiliki trauma atau pengalaman buruk di masa lalu, bisa juga karena ada yang membanding-bandingkan di lingkungan sosial.

2. Hilangnya Minat untuk Interaksi Sosial

Tanda insecure yang selanjutnya adalah hilangnya minat untuk berinteraksi sosial. Saat seseorang sedang insecure, perasaan yang sangat down akan muncul dalam dirinya. Apalagi pada saat mendengar orang lain lebih sukses, hal ini bisa menjadi pemicu seseorang untuk malas dan menghindari interaksi sosial, pada saat perasaan insecure itu muncul. 

3. Suka Membandingkan

Seseorang yang sedang merasa insecure, sangat suka membandingkan dirinya dengan orang lain. Kebiasaan membandingkan ini bisa berdampak buruk dan membuat kepercayaan dirinya hilang.

4. Ingin Diakui Orang Lain

Tanda seseorang sedang ada di fase insecure adalah butuh diakui orang. Semakin besar keinginan untuk diakui orang lain, maka semakin besar juga perasaan insecure itu muncul. Contohnya pada saat jumlah likes di instagram menurun, kamu menjadi emosi. Hal ini bisa disebut dengan insecure.

5. Ada di Zona Nyaman

Tanda seseorang mengalami insecure, yaitu berada tetap di zona nyaman. Karena ia sangat takut, jika keluar dari zona nyaman, ia akan ditolak, dikhianati atau dihina oleh orang lain.

Cara Mengatasi Insecure

ilustrasi cara mengatasi insecure/ Luis Fernandes/pexels
ilustrasi cara mengatasi insecure/ Luis Fernandes/pexels

Walaupun perasaan insecure ini sangat wajar, tetapi perasaan ini tidak boleh dipendam terlalu lama. Jika perasaan ini dipendam terlalu lama, bisa mengakibatkan stres yang berkepanjangan. Berikut cara mengatasi insecure:

1. Memahami Perasaan Diri Sendiri

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi insecure, yaitu dengan memahami diri sendiri, bertanya kepada diri sendiri tentang hal yang membuat takut dan tidak nyaman. Ketahui penyebab perasaan insecure dari dalam dirimu sendiri terlebih dahulu.

2. Ubah Perspektif

Setelah memahami perasaan diri sendiri, cobalah untuk mengubah perspektif dari dalam diri kamu. Berhentilah memandang diri sendiri terlalu kritis.

3. Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

Saat kamu berhasil mencapai sesuatu, berilah hadiah untuk dirimu sendiri, baik pujian untuk diri sendiri atau membeli makanan dan minuman favoritmu.

4. Jangan Suka Membandingkan dengan Orang Lain

Berhentilah membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Ubahlah pikiranmu dengan merasa bahwa dirimu berharga. Lihatlah kelebihan yang kamu miliki, daripada melihat kelebihan orang lain hanya untuk merendahkan dirimu sendiri.

Lanjutkan Membaca ↓