Arti Afirmasi, Manfaat dan Cara Menggunakannya yang Benar

Kezia Prasetya Christvidya28 Nov 2020, 17:43 WIB
Diperbarui 30 Nov 2020, 21:49 WIB
afirmasi-kezo

Fimela.com, Jakarta Afirmasi adalah kata-kata positif yang digunakan untuk memberikan penegasan pada diri sendiri. Kata-kata positif ini bisa dicerna oleh otak secara lansung, kemudian mendoktrin otak agar sudut pandang dan pikiran kita berubah menjadi lebih baik dan selalu positif.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, afirmasi adalah sebuah penegasan atau peneguhan kata positif. Afirmasi ini bisa merubah kehidupan seseorang, yang tadinya selalu berpikiran negatif dan sering stres, menjadi pikiran positif dan tenang saat menghadapi kehidupan dan lingkungan sosial.

Afirmasi memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri, serta ada cara tersendiri untuk menggunakan afirmasi, agar hasilnya lebih positif di dalam diri sendiri. Berikut manfaat afirmasi dan cara menggunakannya, dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Afirmasi

ilustrasi manfaat afirmasi/Rafael Barros/pexels
ilustrasi manfaat afirmasi/Rafael Barros/pexels

Afirmasi adalah kata-kata positif, yang diambil dari sudut pandang positif untuk mengubah pikiran dan perilaku menjadi positif. Bukan seperti kutipan yang berisi kata-kata bijak untuk semua orang.

Afirmasi memiliki manfaat yang sangat baik untuk diri sendiri, jika diucapkan secara rutin untuk diri sendiri. Berikut manfaat afirmasi:

1. Membuat Percaya Diri

Afirmasi memiliki manfaat untuk membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Afirmasi bisa membuat dirimu percaya, bahwa kamu memiliki kelebihan, kreatif, bisa melalui segala rintangan, dan memiliki pribadi yang kuat, serta tidak lemah.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Pikiran negatif dan perilaku negatif bisa membuat sistem imunitas tubuh menjadi lemah. Pikiran negatif juga bisa membuat seseorang menjadi lebih stres, overthinking dan menjadi susah untuk tidur.

Jika kita memberikan afirmasi positif terhadap diri sendiri, hal ini akan membuat dirimu lebih bahagia. Secara sederhana, pikiran positif dan kebahagiaan bisa membuat sistem imun tubuh kuat dan tidak mudah sakit.

3. Mencegah Depresi

Kesehatan mental harus dijaga agar seseorang tidak mudah depresi. Kamu harus menyemangati diri sendiri dengan afirmasi positif, agar tidak mudah depresi dan kuat menghadapi setiap masalah yang ada.

4. Memberi Kenyamanan Hati dan Pikiran

Pada saat mengutarakan afirmasi positif kepada diri sendiri, kamu akan merasakan kenyamanan hati dan pikiran. Afirmasi positif bisa membuatmu lebih tenang dan yakin, bahwa kamu bisa melalui setiap harinya dengan kuat, dan masih ada hari esok untuk meraih mimpi lagi.

5. Membuat Kebahagiaan

Afirmasi positif bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Karena kata-kata afirmasi positif yang diucapkan dengan percaya diri, bisa membuat seseorang yakin bahwa ia akan sukses dan bisa meraih mimpi.

Cara Menggunakan Afirmasi

ilustrasi cara menggunakan afirmasi/Lina Kivaka/pexels
ilustrasi cara menggunakan afirmasi/Lina Kivaka/pexels

Afirmasi positif harus dikatakan secara rutin dan setiap hari, apalagi saat dirimu merasa sedih, banyak pikiran dan gelisah. Berikut cara menggunakan afirmasi agar lebih efektif dan membuatmu lebih tenang serta bahagia:

1. Gunakan Saya atau Namamu Saat Afirmasi

Berbeda dengan kutipan yang ditujukan untuk banyak orang. Afirmasi digunakan untuk menyemangati diri sendiri, agar lebih tenang dan bahagia. Sehingga saat mengucapkan afirmasi positif, gunakan kata “saya”, “aku” atau sebut nama kamu sendiri. Hal ini bisa membantumu lebih semangat dan kuat untuk mengubah diri menjadi lebih positif.

2. Gunakan Kata Positif

Untuk membuat pikiran negatif berubah menjadi pikiran positif, kamu juga harus menggunakan kata positif saat melakukan afirmasi. Hindari penggunaan kata “jangan” atau “tidak” pada saat melakukan afirmasi. Karena dua kata tersebut termasuk kata yang negatif, walaupun kalimatmu memiliki maksud positif.

3. Gunakan Emosi Positif

Ada beberapa macam emosi yang terdapat dalam diri seseorang. Saat mengucapkan afirmasi, gunakan emosi positif yaitu bahagia, semangat, suka dan lain sebagainya. Hindari menggunakan emosi negatif seperti sedih, marah, cemburu, kecewa dan lain sebagainya.

4. Gunakan Kata Sekarang

Saat afirmasi positif, gunakan kata sekarang dan hindari kata “nanti” atau “akan”. Karena kata “sekarang” bisa membuatmu menjadi lebih semangat, dan membuat otak berpikir seolah-olah hidupmu sudah bahagia. Hal ini bisa membuatmu lebih positif dalam bertindak.

5. Menulis Di Kertas Catatan

Untuk membuatmu lebih bersemangat, tulislah kata-kata afirmasi di dalam sebuah kertas catatan, yang bisa dibaca setiap kali kamu akan melakukan aktifitas, seperti di layar komputer, pintu kulkas, cermin dan lain-lain.

Contoh Kata Afirmasi

ilustrasi contoh kata afirmasi/Lina Kivaka/pexels
ilustrasi contoh kata afirmasi/Lina Kivaka/pexels

Afirmasi adalah kata positif yang bisa membuat dirimu lebih bersemangat, berbahagia dan percaya diri saat melakukan sebuah tindakan, dan tetap berpikiran positif saat menyelesaikan masalah. Berikut beberapa contoh kata afirmasi positif:

  • Saya bahagia bisa bekerja di tempat kerja ini.
  • Saya sehat selalu.
  • Saya bisa mengatasi masalah yang ada.
  • Saya bersemangat menjalani hari ini.
  • Saya orang yang percaya diri, memiliki banyak kelebihan dan menarik.
Lanjutkan Membaca ↓