Sukses

Lifestyle

Pengertian, Macam-Macam dan Tahapan Orientasi

Fimela.com, Jakarta Secara umum, orientasi adalah sebuah proses seseorang untuk memahami suatu keadaan, serta mengenalkan dirinya dengan lingkungan sekitar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, orientasi adalah peninjauan untuk menentukan sebuah sikap yang tepat dan benar, yang mendasari sebuah pikiran, perhatian atau kecenderungan.

Secara garis besar, orientasi juga bisa diartikan sebagai pengenalan terhadap lingkungan baru, tugas baru di kantor yang baru, serta pengenalan pegawai baru atau teman yang baru, yang biasanya dilakukan di kantor atau di sekolahan.

Berbeda dengan orientasi yang ada di dunia kerja atau sekolah, orientasi adalah proses pengenalan dengan menyediakan informasi baru terkait latar belakang kantor atau sekolah tersebut. Di dalam karya sastra, orientasi dikenal sebagai pengenalan tokoh, latar serta unsur-unsur instrinsik yang ada. Berikut macam-macam orientasi dan tahapannya, yang dilansir dari Dream.co.id:

Tujuan Orientasi

Menurut Ingham (1970), orientasi adalah cara menyesuaikan sikap dan tingkah laku karyawan atau pegawai baru, di dalam lingkungan kerja yang baru. Sehingga orientasi ini memiliki tujuan khusus, untuk membantu seseorang memahami lingkungan sekitar dengan baik. Hal ini bisa membantu pegawai baru meningkatkan produktivitasnya dan mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Orientasi ini bisa membuat pegawai mudah beradaptasi dan berinteraksi dengan rekan kerja serta lingkungan. Pegawai baru bisa memahami organisasi dan budaya perusahaan tersebut. Orientasi juga memiliki tujuan untuk dijadikan bekal pegawai baru, saat dipindahkan ke tempat baru.

Orientasi ini juga memiliki tujuan untuk menjadikan pegawai baru bisa diterima di lingkungan kerja, membuat pegawai baru diakui di dalam tim perusahaan, serta menghindari adanya konflik atau masalah antara pegawai baru dan lama di tempat kerja.

Macam-Macam Orientasi

Orientasi terbagi menjadi tiga macam, yaitu orientasi personal, orientasi temporal dan orientasi spasial. Berikut penjelasan macam-macam orientasi:

Orientasi Personal

Orientasi personal adalah sebuah kemampuan individu, untuk mengenalkan atau mengemukakan identitas dirinya dan orang lain, di suatu lingkungan baru seperti kantor baru atau sekolah baru.

Orientasi Temporal

Macam orientasi yang kedua adalah orientasi temporal. Orientasi ini berfungsi untuk mengetahui hubungan dari masa ke masa, waktu ke waktu dan setiap harinya, seperti masa lampau dan masa yang akan datang.

Orientasi Spasial

Orientasi spasial adalah orientasi yang berguna untuk menunjukkan kemampuan individu, untuk mengetahui batasan ruang atau lokasi yang ditempati, yang memiliki hubungan dengan ruang atau lokasi lain.

Tahapan Orientasi

Saat melakukan orientasi, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dengan baik. Tentu saja untuk pegawai baru memerlukan perencanaan dan persiapan yang baik, untuk menjalankan kehidupan baru di tempat yang baru.

Tahapan pertama yang harus dilakukan ada sosialisasi perekrutan pegawai baru, kepada seluruh pegawai yang ada di perusahaan tersebut. Kemudian menggunakan karyawan lama yang memiliki keahlian khusus, sebagai teladan untuk dicontoh pegawai baru.

Tahapan selanjutnya, buatlah daftar pemeriksaan orientasi tentang informasi perusahaan, seperti peraturan atau norma yang berlaku, serta budaya dan prosedur yang ada di dalam perusahaan tersebut, agar pegawai baru mudah memahami lingkungan barunya.

Selain itu, informasikan kepada pegawai baru tentang tunjangan, cuti pegawai, aturan ketidakhadiran, keterlambatan, asuransi dan sebagainya. Sampaikan informasi ini dengan jelas agar pegawai baru mudah memahami dan mengingat. Setelah itu lakukan evaluasi terhadap pegawai baru, setelah beberapa bulan atau beberapa minggu pasca orientasi yang dilakukan pegawai baru.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading