15 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Kezia Prasetya Christvidya01 Des 2020, 20:03 WIB
Diperbarui 01 Des 2020, 20:13 WIB
Manfaat daun bidara

Fimela.com, Jakarta Daun bidara adalah tanaman yang memiliki ukuran sedang. Daun bidara sering juga disebut sebagai daun widara. Tumbuhan ini tumbuh di daerah yang kering.

Daun bidara dipercaya memiliki banyak manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit. Di negara Indonesia, daun bidara dipercaya bisa mengusir hal-hal gaib.

Daun bidara memiliki kandungan  betulinik, asam seanoti, serta berbagai macam senyawa flavoid, saponin, tanin dan triterpenoid yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Berikut 15 manfaat daun bidara yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh

yoga-kezo
ilustrasi kesehatan/unsplash/zenbear

Daun bidara terkenal sebagai obat tradisional, yang bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit. Berikut manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh:

Mencegah Flu

Manfaat daun bidara yang pertama adalah bisa membantu mencegah penyakit flu. Daun bidara memiliki senyawa antioksidan, yang bisa melindungi tubuh dari infeksi virus penyebab penyakit flu.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Air rebusan daun bidara dapat dikonsumsi setiap hari. Daun bidara bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga mencegah penyakit yang menyerang sistem pencernaan seperti sembelit.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi saat tulang rapuh. Biasanya gejala osteoporosis terlihat, saat seseorang mengalami cidera tulang atau patah tulang. Daun biara memiliki kandungan yang kaya akan kalsium, sehingga bisa membantu mencegah osteoporosis.

Mengobati Diabetes

Daun bidara juga bisa membantu mengobati penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan karena tubuh tidak dapat memecah glukosa darah dalam sel, sehingga terjadi penumpukan glukosa di dalam darah. Penyakit diabetes ini bisa juga disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan dan faktor keturunan. Daun bidara memiliki kandungan yang bisa membantu mengikat glukosa dalam darah dan mencegah diabetes.

Mengobati Wasir

Wasir adalah penyakit yang terjadi di saluran pembuangan air besar. Penyakit ini disebabkan karena fakor keturunan, obesitas atau kehamilan. Penyakit ini membuatmu tidak nyaman pada saat buang air besar dan saat duduk. Air rebusan daun bidara bisa membantu mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh wasir.

Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan

pipi-kezo
ilustrasi daun bidara untuk kecantikan/pexels

Selain membantu mengatasi berbagai macam penyakit, daun bidara dipercaya memiliki manfaat untuk membantu menjaga kecantikan. Berikut manfaat daun bidara untuk kecantikan:

Menyembuhkan Jerawat

Daun bidara dipercaya bisa membantu menyembuhkan jerawat yang ada di kulit wajah. Daun bidara dapat ditumbuk dan dijadikan masker wajah. Kandungan yang terdapat pada daun bidara, mampu mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan akibat jerawat.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat bisa menganggu penampilanmu. Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang membantu menghilangkan bekas jerawat, serta membantu mempercepat proses regenerasi kulit wajah.

Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Daun bidara memiliki kandungan senyawa antioksidan, yang membantu mencegah radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit. Kandungan ini bisa memperkuat lapisan sel kulit dan mengembalikan elastisitas kulit wajah.

Melembapkan Kulit

Selain jerawat, kulit kering juga menjadi masalah bagi sebagian perempuan. Kulit kering ditandai dengan kondisi wajah yang kusam, kulit pecah-pecah dan timbul keriput serta garis-garis halus di wajah. Daun bidara yang dihaluskan, bisa dijadikan masker wajah dan berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, membuat kulit wajah lebih halus dan lebih lembap.

Menjaga Kecantikan Rambut

Tidak hanya kulit saja yang harus dijaga kecantikannya. Daun bidara juga memiliki fungsi untuk menjaga kecantikan rambut. Daun bidara dipercaya bisa membantu mencegah rambut rontok dan mengatasi rambut yang kering.

Manfaat Daun Bidara yang Lainnya

skincare-kezo
ilustrasi manfaat daun bidara/metamorworks/shutterstock

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, daun bidara juga memiliki manfaat yang lainnya. Berikut manfaat lain daun bidara:

Menjaga Kesehatan Gigi

Karena daun bidara memiliki kandungan yang kaya akan kalsium, sehingga air rebusan daun bidara bisa membantu memperkuat gigi. Air rebusan daun bidara juga bisa digunakan untuk kumur, karena memiliki kandungan antiseptik yang bisa mencegah terjadinya karang gigi.

Melancarkan Haid

Mengonsumsi air rebusan daun bidara juga bisa bermanfaat untuk melancarkan haid. Karena kandungan yang ada di dalam daun bidara ini, membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh serta membantu mencegah nyeri perut karena haid.

Mengatasi Keputihan

Keputihan adalah masalah yang sering dialami oleh sebagian perempuan. Keputihan adalah cairan atau lendir berwarna putih yang keluar melalui organ kewanitaan. Pada beberapa kondisi, keputihan yang tidak normal bisa dijadikan tanda kalau tubuh mengalami gangguan kesehatan. Air rebusan daun bidara dapat digunakan sebagai air untuk menyuci organ kewanitaan, untuk membersihkan bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Mengatasi Stres

Mengonsumsi air rebusan daun bidara sebelum tidur, bisa membantu mengatasi stres pada manusia. Karena kandungan yang terdapat di dalam daun bidara, yang mempu menenangkan otak dan membuatmu cepat tidur.

Menurunkan Berat Badan

Setiap orang pasti ingin memiliki berat badan yang ideal. Rutin mengonsumsi air rebusan daun bidara bisa membantu mengontrol berat badan, karena kandungan dalam daun bidara bisa membantu melunturkan lemak tubuh dan membuat perut kenyang lebih lama.

Lanjutkan Membaca ↓