Sukses

Lifestyle

10 Tren Gen Z dalam Dunia Online Dating Sepanjang 2020

Fimela.com, Jakarta Tahun 2020 memang penuh beragam tantangan. Seluruh kalangan, termasuk Gen Z di Indonesia, turut merasakan dampak pandemi Corona. Selain menuntut ilmu secara daring, mereka juga diharuskan berdiam diri di dalam rumah. 

Hal ini tentu berdampak pula pada dunia percintaan mereka. Namun, faktanya Gen Z tetap bisa menemukan berbagai cara untuk membangun koneksi dan hubungan yang penuh arti meski tanpa harus bertatap muka secara langsung. 

Lewat Tinder, para Generasi Z mendapatkan akses untuk berkenalan dan menjalin hubungan kuat dengan orang lain. Karena cepat beradaptasi, mereka justru menjadi lebih kreatif dalam bersosialisasi secara daring. Pemilik Tinder Match Group mengemukakan kalau tingkat penggunaan fitur pesan dan jumlah swipe di Tinder pada kuartal ketiga tahun ini justru mengalami kenaikan hingga 2 digit, dibandingkan dengan akhir bulan Februari 2020. 

Kreativitas ini juga terlihat dalam bio-bio yang mereka tulis dengan sangat dinamis, dan blak-blakan. Tentu, dunia online dating mengalami perubahan cukup banyak selama pandemi melanda. Berikut 10 tren paling penting di Tinder selama 2020. 

10 Tren di Tinder Sepanjang 2020

1. Emoji Exploding Head

Tahun 2020 adalah tahun yang penuh tantangan. Untuk menggambarkan perasaan mereka di bio Tinder, banyak Gen Z yang menggunakan emoji Expliding Head. Emoji ini hampir 3 kali lebih sering digunakan pengguna Tinder di sepanjang 2020. 

2. Emoji Kebingungan 

Selain Exploding Head, emoji lain yang juga cukup banyak digunakan pengguna Tinder adalah kebingungan dan sikap pasif-agresif terhadap segala hal. Emoji ini kerap kali digunakan untuk membuka percakapan. 

3. Tetap Santai 

Meskipun diterpa banyak perubahan dan kondisi yang tidak pasti, Gen Z ternyata masih bersikap santai. Mereka tetap bersikap positif dengan bersantai dan berkumpul-kumpul dengan kenalan secara virtual. Zoom juga disebut lebih dari 9 kali daripada tahun kemarin. 

4. Imbauan Protokol Kesehatan

Selain mengutarakan kepribadiannya di bio, pengguna Tinder juga menyertakan imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan. Mulai dengan menuliskan "Masker" hingga "CUCI TANGAN. PAKAI MASKER. JAGA JARAK SOSIAL."

5. Tinder Passport

Pengguna Tinder juga tidak hanya mengkesplorasi teman-teman baru di daerah di sekitar tempat tinggalnya. Semakin banyak pengguna yang menggunakan Tinder Passport untuk bisa berteman dengan orang lain di luar negeri. 

6. TikTok

Ternyata, mereka juga mencari follower Tiktok lewat Tinder. Terbukti dengan kata Tiktok disebut di bio Tinder sebanyak 21 kali lebih sering dibandingkan tahun lalu. 

7. Animal Crossing dan Among Us

Animal Crossing dan Among Us menjadi tempat kumpul-kumpul virtual. Dari Maret hingga Mei 2020, Tinder melihat peningkatan sebanyak 5 kali penyebutan Animal Crossing di bio pengguna, sementara mereka menyebutkan Among Us dua kali lebih banyak dari pada pengguna milenial. 

8. KPop dan Drakor

Pengguna Tinder aktif menggunakan bio mereka untuk menunjukkan siapa bintang K-pop idola atau K-drama favorit mereka, terlihat dari penyebutan kata “Drama Korea” 5x lebih tinggi dan “K-popers” 2x lebih tinggi di tahun ini dibandingkan tahun lalu. Sepertinya banyak penggemar BTS atau Army nih di Tinder.

9. Gowes

Bersepeda merupakan olahraga luar ruangan yang menjadi favorit GenZ di tahun 2020.  Tinder menemukan bahwa mereka menyebutkan kata “bersepeda” 2x lebih tinggi dibandingkan tahun lalu dan terang-terangan di bio kalau mereka ingin mengajak match mereka gowes bareng.

10. Sunday Best

Sebagai salah satu lagu paling populer di Tinder, lagu dari grup musik Surfaces ini diam-diam menjadi aspirasi pengguna Tinder untuk tidak stres selama mereka harus di rumah aja. Sama seperti lirik lagu tersebut: Feeling blessed, never stressed. Got that sunshine on my Sunday best.

 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading