Sukses

Lifestyle

Jokowi Menuntut UMKM Lebih Kreatif untuk Dongkrak Ekspor di Tengah Pandemi

Fimela.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka acara puncak dari BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 pada Kamis (10/12/2020). Dalam kegiatan ini, Presiden Jokowi mengimbau agar pelaku UMKM terus berinovasi dalam berbagai aspek. Termasuk beradaptasi dengan dunia digital agar tetap bertahan di masa pandemi.

"Selain melakukan adaptasi di dunia digital, UMKM juga harus terintegrasi dengan marketplace lokal dan global. Jika sekarang UMKM terlibat, akhir tahun ini mampu meningkatkan transaksi ekspor UMKM," ungkap Presiden Jokowi.

Dukungan dari pemerintah turut menstimulus UMKM tidak menyerah di masa pandemi. Pemerintah pun terus berupaya untuk mendorong industri UMKM tetap bertahan bahkan meningkatkan kuantitas ekspor di tengah pandemi. Salah satunya dengan menggelar BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 pada 1-15 Desember 2020.

Menurut Presiden Jokowi, UMKM juga harus menampilkan produk yang lebih menarik dengan cara-cara yang inovatif. Salah satunya pameran showcase UMKM yang diselenggarakan dalam BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020.

 

Konsep pameran hybrid

Pameran ini dinilai sangat berbeda karena sudah menggunakan 3D virtual yang disajikan dengan instalasi seni yang apik. Membuat pengunjung seperti berada di ruang pandemi sesungguhnya atau yang disebut dengan konsep hybrid.

Konsep hybrid yang diterapkan dalam BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 membuat pengunjung bisa melihat showcase UMKM dan Art Installation yang sama persis antara virtual dan asli. Bekerja sama dengan lima marketplace tersebar di Indonesia, memungkinkan pengunjung melakukan transaksi belanja online pada produk UMKM yang semula berupa Bazaar.

BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 ini diikutioleh 573 pelaku UMKM binaan BRI, di mana 400 di antaranya mengikuti showcase secara fisik di Jakarta. Pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini meliputi Fashion, Accessories & Beauty, Home Decor & Craft, dan Food & Beverage.

Dengan pameran 3D ini, juga memungkinkan mendatangkan pembeli internasional yang mengikuti business matching. Mereka berasal dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, Australia, dan lainnya. Kehadiran para buyer internasonal ini memberikan pasar baru dan perluasan pasar bagi pelaku UMKM yang berdampak pada meningkatnya ekspor.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading