Sukses

Lifestyle

Mengenal Strain Baru Covid-19 di Inggris. Apakah Vaksin Efektif Jadi Solusi?

Fimela.com, Jakarta Inggris temukan strain baru Virus Corona, COVID-19. Hal ini menyebabkan penerapan kebijakan baru ke tingkat empat yang lebih ketat bagi jutaan orang di Inggris.

Pembatasan diperketat saat Natal juga berlaku di Skotlandia dan Wales, serta sejumlah negara bahkan melarang kedatangan warga Inggris akibat temuan strain baru Virus Corona di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Varian yang timbulkan Kekhawatiran

Dikutip dari Liputan6.com, ada tiga hal yang menarik perhatian dari temuan strain baru Virus Corona ini:

1. Temuan strain baru ini dengan cepat menggantikan versi virus sebelumnya.

2. Kemudian, temuan ini memiliki mutasi yang mempengaruhi bagian dari virus yang mungkin penting.

3. Beberapa dari mutasi tersebut telah ditunjukkan di laboratorium untuk meningkatkan kemampuan virus menginfeksi sel.Semua ini bersatu untuk membangun kasus Virus Corona strain baru yang dapat menyebar dengan lebih mudah.

Namun, peneliti tidak memiliki kepastian mutlak. Strain baru dapat menjadi lebih umum hanya dengan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat - seperti London, yang sebelumnya memberlakukan aturan penutupan tingkat dua.

Tapi, kini sudah ada alasan bagi otoritas untuk melakukan pembatasan tingkat empat, sebagai langkah untuk mengurangi penyebaran strain baru Virus Corona tersebut.

"Eksperimen laboratorium diperlukan, tetapi apakah Anda ingin menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk melihat hasil dan mengambil tindakan untuk membatasi penyebaran? Mungkin tidak dalam keadaan ini," kata Prof Nick Loman, dari COVID-19 Genomics UK Consortium. 

Seberapa Cepat Penyebarannya?

Pertama kali terdeteksi pada September 2020. Lalu, Pada November, sekitar seperempat kasus di London adalah varian baru jenis virus tersebut. Ini mencapai hampir dua pertiga kasus pada pertengahan Desember.

Matematikawan telah menjalankan angka-angka pada penyebaran varian yang berbeda, dalam upaya untuk menghitung berapa banyak sisi yang mungkin dimiliki.

Tetapi sulit untuk membedakan mana yang disebabkan oleh perilaku manusia dan mana yang disebabkan oleh virus.

Angka yang disebutkan oleh Perdana Menteri Boris Johnson, varian tersebut mungkin hingga 70 persen lebih dapat ditularkan. Dia mengatakan ini mungkin meningkatkan angka R - yang menunjukkan jika epidemi tumbuh atau menyusut - sebesar 0,4.

Angka 70 persen itu muncul dalam presentasi oleh Dr Erik Volz, dari Imperial College London, pada Jumat kemarin.

Selama pembicaraan dia berkata: "Ini benar-benar terlalu dini untuk mengatakan tapi dari apa yang kita lihat sejauh ini berkembang sangat cepat, itu tumbuh lebih cepat dari varian sebelumnya yang pernah tumbuh, penting untuk terus mengawasi ini."

Tidak ada angka yang pasti untuk seberapa jauh varian itu dapat menular. Para ilmuwan, yang karyanya belum dipublikasikan, telah memberi tahu saya angka-angka tersebut jauh lebih tinggi dan jauh lebih rendah dari 70 persen.

Tetapi masih ada pertanyaan tentang apakah itu lebih menular atau tidak.

"Jumlah bukti di domain publik sangat tidak memadai untuk menarik pendapat yang kuat atau tegas tentang apakah virus benar-benar meningkatkan penularan," kata Prof Jonathan Ball, ahli virus di Universitas Nottingham.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading