Sukses

Lifestyle

Resolusi 2021: Sehat Finansial demi Masa Depan Bebas Cemas

Fimela.com, Jakarta Detik-detik terakhir tahun 2020 telah tiba dan hanya tinggal menghitung mundur saja untuk memasuki awal tahun 2021. Mungkin banyak dari kamu yang melalui tahun ini dengan kondisi yang jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Covid-19 masih jadi pandemi yang diperangi bersama. Banyak dampak yang dialami masyarakat, terutama soal finansial. Resesi ekonomi pun memicu peningkatan angka pengangguran. Bisa dibilang, hampir semua orang merasakan dampak keuangan yang berat selama situasi ini terjadi.

Pandemi memang nggak bisa diprediksi kapan akan berakhir. Tapi, setiap tahun baru datang tentunya selalu ada harapan baik yang ingin diwujudkan. Demi hidup bebas cemas, mengatur kembali kesehatan finansial jadi poin penting agar tetap happy dan siap menghadapi kondisi apapun. Di sinilah pentingnya literasi finansial yang tepat agar bisa membuat keputusan cerdas saat menghadapi kondisi terburuk sekalipun.

Jadi, apa saja sih yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan 2021 yang lebih sehat dalam soal keuangan?

Bekali Diri dengan Informasi yang Tepat

Mengatur finansial memang bukan perkara mudah. Untuk itulah kamu perlu membekali diri dengan berbagai informasi terkait dengan cara mengelola keuangan pribadi. Sekarang banyak sumber yang bisa dipelajari kok, mulai dari buku, koran, blog, podcast, video Youtube, hingga ikutan webinar dari financial expert bisa jadi pilihan.

Pastikan pahami berbagai hal basic tentang finansial, misalnya saja investasi, dana darurat, asuransi, dan berbagai hal lainnya. Percaya deh, mempelajari hal ini nggak ada ruginya kok karena bisa jadi bentuk investasi pengetahuan untuk masa depan. Tapi, pastikan cari informasi yang kredibel, ya!

Buat Financial Goals

Hidup tanpa tujuan hanya bikin kamu nggak tahu apa yang mesti dilakukan. Hal yang sama pun bisa terjadi terkait pengaturan keuangan pribadi. Pastikan kamu punya tujuan yang jelas tentang pengelolaan finansial yang dilakukan, misalnya untuk menikah, beli rumah, atau melanjutkan pendidikan.

Financial goals ini dapat membuat kamu lebih jelas dalam menentukan langkah yang akan dilakukan. Misalnya saat membuat jumlah dana dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkannya. Selain itu, kamu juga bisa menemukan bentuk investasi yang tepat, apakah dana tersebut akan dikelola menjadi reksadana, obligasi, atau saham.

Buat Catatan Pengeluaran dan Pemasukan Secara Disiplin

Banyak orang yang menyepelekan catatan keuangan pribadi. Padahal, poin yang satu ini penting banget untuk melacak seluruh pemasukan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu.

Catatan ini bisa memberikan gambaran tentang kemampuan finansial yang dimiliki. Jadi, kamu juga lebih mudah dalam menentukan seperti apa pengelolaan keuangan pribadi. Rutin membuat persentase pemasukan dan pengeluaran dan prioritaskan hal yang dibutuhkan saja.

Asuransi Kesehatan, Perlindungan Maksimal untuk Finansial

Banyak hal tak terduga yang bisa membuat kondisi finansial berantakan. Salah satunya adalah masalah kesehatan seperti penyakit kronis yang nggak bisa diprediksi kapan datang. Pengobatannya sendiri bisa menguras banyak biaya jika tidak disiapkan dengan maksimal.

Jadi, penting untuk memberikan keamanan dan proteksi maksimal dengan produk asuransi kesehatan. Nggak ada salahnya kok mulai melakukan persiapan dan perlindungan diri lebih maksimal lagi sehingga tidak mengganggu keuangan pribadi.

Nggak perlu bingung saat memilih asuransi yang tepat karena ada FWD Cancer Protection dari FWD Insurance bisa jadi opsi terbaik. Ini dia produk asuransi kanker online yang terjangkau dan hadir dengan proses digital end to end, mulai dari proses pembelian hingga klaim. FWD Cancer Protection menghadirkan 4 kemudahan dalam prosesnya. Seperti pengajuan online yang mudah lewat website e-commerce FWD Insurance di ifwd.co.id, sampai klaim online yang mudah lewat satu aplikasi FWD MAX. Perlindungan dari FWD memberikan manfaat 100% uang pertanggungan jika didiagnosis kanker. Preminya juga terjangkau, yaitu mulai dari Rp 10 ribu per bulan.

Yuk, saatnya mewujudkan sehat secara finansial di tahun 2021 dengan memberikan perlindungan terbaik untuk diri sendiri dan keluarga. Saatnya kejar passion kamu dan bebaskan langkah, berani!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading