Sukses

Lifestyle

Selalu Terbangun dari Tidur di Tengah Malam? Ini Penjelasan Para Pakar

Fimela.com, Jakarta Pernah atau sedang mengalami selalu terbangun dari tidur di tengah malam, seberapa pun kamu sedang merasa lelah? Apakah kebiasaan ini normal?

Menurut pakar, ini adalah hal yang normal, bahkan jika terjadi beberapa kali dalam seminggu. Sebuah studi di tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatric Research, 23% orang yang diwawancarai mengaku bangun dari tidur di tengah malam setidaknya 3 kali dalam seminggu atau presentasenya adalah 35%.

Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa alasan menurut para pakar mengapa kamu selalu terbangun dari tidur di tengah malam. Penasaran?

1. Terpapar oleh cahaya biru

Kamu pasti pernah mendengar tentang cahaya biru atau sinar penekan melatonin yang dilepaskan oleh matahari dan sebagian besar alat elektronik. Sel-sel di mata yang mendeteksi tingkat cahaya di lingkungan sekitar sangat sensitif terhadap cahaya biru.

Ada bukti bahwa cahaya dengan kandungan biru yang pekat memiliki efek lebih waspada di malam hari. Ini mungkin karena cahaya dengan kandungan biru yang berat diinterpretasikan oleh otak sebagai jenis siang hari dan jelas bertentangan dengan jam tubuh dan indra waktu internal.

2. Jet lag

Jika kamu baru saja bepergian dalam waktu dekat, ini bisa menjadi penyebab gangguan tidur, terutama jika ada perubahan zona waktu. Ini karena ritme sirkadian atau siklus 24 jam alami tubuh tiba-tiba harus menyesuaikan dengan jadwal yang berbeda.

 

 

3. Tingkat kebersihan yang buruk

Caramu mengatur kamar tidur sangat penting dan dapat memengaruhi kualitas tidur sepanjang malam. Jika kamu terbiasa menonton TV, memeriksa email, atau bermain video game dalam waktu 1 jam sebelum tidur, kemungkinan inilah yang menyebabkan gangguan tidur.

4. Faktor usia

Kuantitas dan kualitas tidur berubah seiring bertambahnya usia. Di usia 50-an, kamu mungkin akan kehilangan 40 sampai 50% kualitas tidur nyenyak yang alami. Sedangkan di usia 70-an, kamu akan kehilangan hampir 90% kualitas tidur nyenyak yang alami.

5. Sedang merasa cemas

Ini biasa terjadi jika ada sesuatu yang mengganggumu pada hari sebelumnya. Pikiranmu tidak mau berhenti berpacu dan ini bisa menjadi alasan lain kamu terbangun dari tidur di tengah malam.

6. Karena makanan atau minuman

Kafein menutupi reseptor adenosin di otak yang menyebabkan kamu merasa sangat waspada dan terjaga setelah minum secangkir kopi. Dan walaupun alkohol bisa menjadi obat penenang, ini juga bisa menyebabkan tidur terfragmentasi dengan banyak terbangun, baik kamu mengingatnya atau tidur.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading