Sukses

Lifestyle

Kisah Inspiratif, Cara Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Saat Pandemi Ala Monica Agustami

Fimela.com, Jakarta Dimasa pandemi ini, kita dituntut untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, agar tidak mudah sakit dan terserang virus Covid-19.

Salah satu cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat adalah dengan berolahraga. Olahraga juga bisa membantu menjaga agar berat badan tetap ideal. Seorang bloger bernama Monica Agustami, sudah menjalankan gaya hidup sehat sejak tahun 2016 untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Perempuan cantik yang memiliki tubuh ideal ini, sangat rajin melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Olahraga yang ia lakukan adalah weight lifting atau angkat beban.

“Awalnya aku fokus jadi beauty bloger. Tetapi sejak tahun 2016, aku mulai menjalankan diet dan lama kelamaan aku jadi rajin melakukan olahraga, serta konsisten menjalankan healthy lifestyle.” Ujar Monica saat Fimela temui.

Manfaat Melakukan Olahraga

Konsisten melakukan olahraga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Apalagi pada saat pandemi seperti ini, olahraga wajib dilakukan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Selain meningkatkan sistem imunitas, olahraga juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah yang berfungsi untuk menyehatkan jantung, serta membantu meningkatkan hormon endorfin yang bisa membuat bahagia dan menghilangkan stres.

“Sebenarnya olahraga itu ada banyak macamnya. Contohnya weight lifting bisa membantu mengencangkan tubuh dan menaikkan masa otot, yoga bisa membantu melenturkan tubuh dan olahraga cardio bisa membantu menyehatkan jantung. Tentunya semua olahraga bermanfaat untuk membuat tubuh sehat dan membuat mood naik.” Jelas Monica saat menjelaskan manfaat olahraga yang selama ini ia rasakan.

Cara Memilih Olahraga yang Tepat

Sebelum menentukan olahraga yang tepat, kenali terlebih dahulu bentuk tubuh yang kamu miliki. Ada bentuk tubuh apel, bentuk tubuh segitiga terbalik, bentuk tubuh pir, bentuk tubuh persegi panjang dan lain sebagainya.

Setelah kamu mengetahui bentuk tubuhmu, pilihlah olahraga yang kamu sukai dan tentukan goals untuk badan kamu. Lakukan olahraga secara rutin untuk mencapai bentuk tubuh yang kamu inginkan.

“Kalau aku pribadi lebih memilih weight lifting, karena olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan dan dikontrol. Pilihlah olahraga yang kamu sukai, biar kamu lebih enjoy saat melakukan olahraga. Jangan sampai kamu melakukan olahraga karena paksaan, ya!” ujar Monica yang tidak pernah absen berolahraga.

Cara Menjaga Diri Di Gym Saat Pandemi

Untuk membantu mencegah penularan virus Covid-19, gunakan masker dan jaga jarak dengan orang lain, lalu pilihlah tempat olahraga atau gym yang menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Selain itu, bawalah disinfectant untuk menyemprot peralatan yang ada di gym. Lalu bawalah 2 handuk, yang satu untuk keringat dan yang satu untuk alas saat melakukan gerakan di gym.

”Aku biasanya bawa disinfectant sendiri untuk nyemprot alat-alat di gym biar steril. Terus aku bawa 2 handuk untuk alas dan lap keringat. Aku selalu milih gym yang sepi dan tanpa AC. Tetapi kalau gym tersebut menggunakan AC, aku buka sedikit pintunya.” Saran dari Monica yang sering dipanggil Dek Mon.

Tips Melakukan Olahraga di Rumah

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah  saja, seperti yoga, cardio atau weight lifting, sehingga tidak perlu pergi ke gym dan bertemu dengan banyak orang.

Untuk melakukan olahraga di rumah, kamu bisa menonton dan menirukan gaya olahraga dari youtube. Selain itu, kamu bisa membeli alat olahraga seperti dumbbell, skipping atau karpet untuk yoga.

Bagi Sahabat Fimela yang tidak memiliki waktu terlalu banyak, bisa melakukan HIIT atau High Intensity Interval Training, yang merupakan latihan kardio dengan intensitas tinggi, yang dilakukan hanya 20menit saja dan seminggu 2kali.

“Untuk melakukan olahraga di rumah, aku membeli dumbbell untuk latihan weight lifting. Biasa aku melakukan olahraga di sore hari,” Jelas Monica.

Tips Mengontrol Makanan

Diet adalah salah satu cara yang dilakukan untuk membuat berat badan tetap ideal. Diet merupakan cara mengontrol atau merubah pola makan agar lebih baik dan sehat, bukan mengurangi porsi makan seperti agar berat badan turun secara cepat.

Tips mengontrol makan ala Monica adalah dengan mengonsumsi makanan sesuai dengan kalori defisit. Hindari melakukan diet ekstrim, karena tidak baik untuk kesehatan dan bisa menurunkan sistem imunitas tubuh.

“Kalau ingin menjalankan diet, ubah pola makan dari hal kecil saja. Misalnya tubuhmu dehidrasi, dalam minggu ini kamu bisa belajar mengonsumsi air putih minimal 2 liter. Lalu minggu depan kamu bisa belajar mengonsumsi sayuran, dengan menambahkan sayuran di menu makanmu. Kamu juga bisa belajar untuk tidak jajan di luar, dan memasak makanan di rumah dengan bahan makanan yang memiliki gizi cukup.”  Saran dari Monica yang lebih sering memasak masakan sendiri.

Resep Banana Pancake Ala Monica

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan:

  • 2 butir telur ayam.
  • 25 gram rolled oats
  • 1 buah pisang ukuran kecil.
  • 1 bungkus stevia sebagai pemanis
  • Garam secukupnya.

Bahan untuk topping:

  • Kraft keju cheddar
  • Selai kacang
  • Kacang-kacangan
  • Madu

Cara Membuat:

  1. Blender semua bahan adonan hingga halus dan tercampur rata,
  2. Panggang adonan dengan teflon anti lengket, sampai adonan berubah warna menjadi cokelat dan keemasan.
  3. Sajikan pancake dengan topping.

Pesan untuk Pejuang Healthy Lifestyle

Menurut Monica, agar sukses menjalankan program diet atau healthy lifestyle, lakukanlah program tersebut karena kamu mencintai tubuhmu.

Jangan melakukan program diet atau healthy lifestyle karena paksaan orang lain, karena membenci bentuk tubuhmu, atau karena mengikuti diet ekstrim karena adanya tren.

Karena pada dasarnya program diet atau healthy lifestyle dilakukan, supaya berat badan lebih ideal, sistem kekebalan tubuh lebih kuat, tubuh sehat dan membangkitkan pikiran yang positif.

“Untuk semangat menjalankan diet dan olahraga, cintailah tubuhmu, olahragalah dengan olahraga yang kamu sukai, serta makan makanan yang kamu suka tetapi menyehatkan. Jangan melakukan sesuatu karena paksaan orang lain atau karena kamu membenci tubuhmu.” Pesan Monica agar Sahabat Fimela lebih semangat untuk menjalankan olahraga dan hidup sehat di era pandemi ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading