Studi Membuktikan, Anak yang Sukses Punya Keluarga dengan Kebiasaan Ini

Febi Anindya Kirana06 Jan 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 06 Jan 2021, 15:15 WIB
ibu dan anak

Fimela.com, Jakarta Secara umum, keluarga adalah pengaruh eksternal terbesar yang mampu mengubah kehidupan setiap orang. Banyak orang tidak sadar bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil dan terlihat sederhana yang sering dilakukan di dalam keluarga ternyata memberi banyak andil dalam kesuksesan anak-anak di masa depan. Misalnya saja kebiasaan makan bersama dengan keluarga.

Sebuah penelitian yang dilakukan organisasi nirlaba yang beroperasi di Harvard University menemukan bahwa keluarga yang punya kebiasaan makan bersama di rumah ternyata cenderung memiliki anak-anak yang tumbuh dewasa sebagai pribadi yang lebih baik dan sukses.

Penelitian meyebutkan bahwa anak-anak yang makan dengan keluarga kurang lebih lima kali dalam seminggu menunjukkan rendahnya risiko mengalami obesitas, pergaulan bebasa, kehamilan saat remaja, depresi hingga terlibat penyalahgunaan narkotika.

Makan Bersama Keluarga Tentukan Masa Depan Anak

anak makan
ilustrasi keluarga/Photo by Alex Green from Pexels

Ada banyak alasan mengapa kegiatan sepele seperti makan bersama di meja makan dengan keluarga mampu memberikan pengaruh positif terhadap kesuksesan seorang anak. Salah satu alasan utamanya adalah makan bersama menjadi momen berkumpul keluarga di mana orangtua dan anak-anak lepas dari kehidupan pribadi mereka untuk saling berinteraksi, mulai dari bercanda hingga membicarakan hal-hal yang serius.

Interaksi ini diperlukan untuk membangun ikatan keluarga yang baik dan membangun kondisi mental dan emosional anak. Bahkan jika kakak adik bertengkar (selama tidak berlebihan) di meja makan, itu tetap menjadi interaksi yang mendekatkan keluarga.

Itulah mengapa banyak yang menekankan pentingnya memiliki 'family time', karena ternyata semua itu juga memiliki peran besar untuk masa depan anak. Jadi jika ingin anak-anak memiliki masa depan yang baik dan sukses, mulai biasakan makan bersama di rumah ya, Moms.

#ElevateWomen with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓