Sukses

Lifestyle

Studi Membuktikan, Kencan Online Juga Punya Potensi Ciptakan Hubungan Jangka Panjang

Fimela.com, Jakarta Selama ini menggunakan aplikasi kencan daring atau online sering memiliki pandangan miring, terutama dianggap kurang merepresentasikan hubungan cinta yang sesungguhnya di kehidupan nyata.

Hubungan cinta tanpa pertemuan belum sah dianggap hubungan cinta. Bahkan banyak orang meragukan menemukan cinta jangka panjang lewat kencan online. Tapi ternyata sebuah penelitain baru-baru ini membuktikan sebaliknya.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa orang-orang yang bertemu secara online ternyata cenderung menginginkan komitmen serius seperti menikah dan memiliki anak.

Kencan Online Bisa Hasilkan Cinta Jangka Panjang

Penelitian yang melibatkan survei dari 3.250 responden tahun 2018 di Swiss ini menanyakan bagaimana setiap pasangan cinta bertemu dan apa yang mereka inginkan dari hubungan tersebut. Peneliti menemukan bahwa kencan online semakin umum digunakan dan orang-orang banyak menemukan pasangan mereka lewat aplikasi kencan online.

Terlepas dari anggapan bahwa kencan online hanya berisi orang-orang yang iseng "cari hiburan", ternyata banyak juga yang memiliki niat serius mau berkomitmen menjalin hubungan cinta jangka panjang.

Dr. Gina Potarca, penulis utama penelitian, bahkan mengatakan bahwa keseriusan cinta ini belum tentu bisa ditemukan mereka yang memutuskan mengenal dan bertemu secara langsung. Banyak orang masa kini mungkin lebih sibuk sehingga tidak memiliki waktu mengenal orang baru dalam hidup mereka kecuali secara daring.

Itulah mengapa kencan online kini juga memiliki potensi keberhasilan hampir sama seperti kencan yang dilakukan dengan cara bertemu langsung.

#ElevateWomen with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading