Suka Kunyah Es Batu? Ini Efek Buruk yang Harus Diketahaui

Nabila Mecadinisa11 Jan 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 11 Jan 2021, 07:00 WIB
Es Batu dan Air Rendaman Beras

Fimela.com, Jakarta Es batu identik dengan sensasi dingin dan menyegarkan. Selain buat campuran minuman, es batu juga sering dimanfaatkan untuk banyak hal mulai dari kecantikan dan kesehatan.

Namun disamping itu, ada juga yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu. Dan ternyata, hal ini memiliki efek buruk, lho! Apakah Sahabat Fimela adalah salah satu dari sekian banyak orang yang gemar mengunyah es batu?

Bagi para ahli kesehatan gigi, mengunyak es batu berisiko melemahkan email gigi yang merupakan lapisan pelindung keras untuk melindungi lapisan dalam gigi yang halus.

Bahaya mengunyah es batu

Es Batu
Ilustrasi es batu/copyright shutterstock

Jika enamel gigi rusak, maka seluruh kebersihan mulut, termasuk gusi akan rentan infeksi. Tak hanya tu saja, mengunyah es batu yang keras juga bisa membuat gigi patah. Bahkan jika kamu terlalu sering melakukannya, bisa menyebabkan resesi pada gusi yang menyebabkan cedera traumatis.

Daripada mengunyahnya, kamu bisa tetap merasakan dan menikmati es batu secra aman. Hindari mengunyah, dan biarkan saja es meleleh dengan sendirinya di dalam mulut, hal ini tentu akan meminimlisir kerusakan yang terjadi pada mulut.

#Elevate women

Lanjutkan Membaca ↓