Ketahui 4 Bentuk Pengorbanan Cinta yang Sehat dalam Hubungan

Imelda Rahma11 Jan 2021, 10:35 WIB
Diperbarui 11 Jan 2021, 10:35 WIB
Pasangan

Kamu pasti pernah dengar nasihat bahwa cinta itu membutuhkan pengorbanan. Beberapa orang percaya bahwa cinta adalah tiket untuk menuju kebebasan, namun sebagiannya lagi percaya bahwa cinta juga soal pengorbanan dan kompromi.

Cinta membutuhkan pengorbanan karena hubungan tidak dijalani oleh satu orang, melainkan berdua. Sekalipun saling mencintai, kalian tetaplah dua orang yang berbeda. Pastinya akan ada usaha yang lebih ekstra untuk menyatukannya, disitulah letak pengorbanan cinta.

Namun, berbicara mengenai pengorbanan cinta perlu ditelaah lagi, jangan sampai pengorbanan cinta yang kamu buat menjadi sia-sia. Agar pengorbanan cinta yang kamu lakukan tidak sia-sia dan toxic, maka kamu perlu tahu seperti apa itu pengorbanan cinta yang sehat.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 4 bentuk pengorbanan cinta yang sehat dalam hubungan. Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Berusaha Selalu Ada untuk Pasangan

Berusaha Selalu Ada untuk Pasangan
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Oleg

Bentuk pengorbanan cinta yang pertama ialah berusaha agar selalu ada setiap pasangan membutuhkan. Meski terdengar bucin, ini adalah bentuk pengorbanan yang paling sederhana untuk membuktikan bahwa kamu amat mencintai pasangan.

Jangan merasa rugi atau gengs dengan terlihat ada bagi pasangan, justru hal ini akan membuat hubungan semakin langgeng karena setiap bertemu, rasa cinta itu akan selalu muncul dan bertambah. Tetapi ingat, kamu juga harus realistis dengan tetap mempertimbangkan situasi dan juga kesanggupanmu saat berada untuknya, jangan sampai itu bisa merusak hal penting lainnya dalam hidupmu.

Melakukan Kompromi

Melakukan Kompromi
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Fox

Selanjutnya, bentuk pengorbanan cinta yang kedua ialah dengan melakukan kompromi atas segala komitmen, aturan, maupun kesalahan yang dibuat oleh pasangan. Kompromi ini sangat penting dalam hubungan karena kamu tidak bisa memaksakan ego sepenuhnya pada pasangan.

Kompromi juga merupakan strategi untuk menghadapi setiap konflik yang datang di hubungan, karena kamu tahu bahwa pasanganmu tidak sempurna dan pasti akan emmbuat kesalahan. Justru disitulah gunanya kompromi, kamu melakukan pengorbanan dengan memaklumi dan memaafkan kesalahan pasangan.

Mengalah pada Pasangan

Mengalah pada Pasangan
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Verschoren

Ketiga, bentuk pengorbanan cinta lainnya yang tidak kalah penting dalam hubungan adalah menerapkan sikap mengalah. Ada kalanya kamu yang mengalah dan sebaliknya karena hubungan harus adil dan juga seimbang. Jika pasanganmu saja yang terus mengalah, pastinya itu tidak baik dan hubungan akan menjadi toxic.

Mengalah bukan berarti lemah atau takut pada pasangan, tetapi merupakan bentuk pengorbanan sekaligus rasa menghargai yang ditujukan kepada pasangan. Jangan hanya egomu saja yang harus dituruti, kamu juga harus melihat dan mendengarkan perasaannya agar kalian lebih saling mengerti satu sama lain.

Setia pada Hubungan

Setia pada Hubungan
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Linn

Terakhir, bentuk pengorbanan cinta yang sehat dalam hubungan yang keempat ialah setia pada hubungan, setia pada pasanganmu. Tentu saja dibanding yang lainnya, pengorbanan yang satu ini cukup sulit dilakukan. Hal ini karena tidak semua pasangan mampu untuk menambatkan hatinya pada satu orang dan terus menjaganya.

Namun kamu perlu percaya bahwa menjadi pasangan yang setia tidak akan pernah ada ruginya. Kamu melakukannya untuk menunjukkan karaktermu dalam mencintai, tidak hanya semata untuknya. Sekalipun esok kamu dikhianati, maka yang akan merugi adalah pasanganmu karena telah menyia-nyiakan orang yang bisa setia sepertimu.

Lanjutkan Membaca ↓