Menurut Penelitian, Pertengkaran Pasangan Seperti Ini yang Dianggap Sehat

Endah Wijayanti11 Jan 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 11 Jan 2021, 13:35 WIB
terbawa perasaan

Fimela.com, Jakarta Sebuah hubungan tak lepas dari yang namanya pertengkaran. Bukan berarti setiap pasangan yang selalu bertengkar itu baik. Serta, bukan berarti pasangan yang tak pernah bertengkar itu sehat. Adakalanya pertengkaran dibutuhkan dalam sebuah hubungan sebagai proses untuk terus berproses jadi lebih baik dan makin dewasa.

Ada pertengkaran yang dianggap sehat dalam sebuah hubungan. Pasangan bisa mendapatkan manfaat positif dari pertengkaran yang sehat. Tapi, seperti apa yang disebut dengan pertengkaran sehat itu?

Pertengkaran untuk Mencari Solusi Bersama

Melansir laman Bright Side, peneliti menemukan bahwa pendekatan berorientasi solusi dalam konflik bisa membuat perubahan besar. Pertengkaran terjadi bukan karena emosi atau amarah, melainkan upaya untuk mencari solusi atau jalan keluar bersama.

Perbedaan pendapat dan sudut pandang pada pasangan bisa saja terjadi. Namanya dua individu berbeda bisa memiliki persepsi sendiri soal satu hal yang sama. Hal ini memang bisa memicu pertengkaran. Namun, jika pertengkaran ini menghasilkan sebuah jalan keluar atau solusi yang bisa disepakati bersama, maka dampaknya bisa cukup positif pada kualitas hubungan.

Pertengkaran dengan Tetap Menjaga Perasaan Pasangan

Belum Afdol Jadi Pasangan kalau Belum Berantem karena 8 Hal Ini
Ilustrasi. (Foto: unsplash.com/Arkady Lifshits)

Melansir laman news.utk.edu, pasangan yang bahagia punya strategi untuk menghindari masalah-masalah yang paling berat. Keintiman fisik dan kesehatan adalah topik yang paling jarang didiskusikan bersama. Alasannya, kita sulit untuk bisa langsung terbuka menyinggung isu-isu tersebut tanpa menyinggung perasaan pasangan. Kalau tidak hati-hati, pertengkaran bisa berujung saling melukai jika tak disertai dengan pendekatan atau strategi yang tepat.

Untuk topik-topik yang dianggap terlalu sensitif atau berat untuk dibicarakan dengan pasangan, penting untuk memilih waktu yang tepat saat akan membahasnya. Selalu perhatikan perasaan dan suasana hati pasangan sebelum membahasnya bersama.

Pasangan suami istri bisa hidup bahagia bersama jika masih bisa saling menjaga dan peduli terhadap perasaan dan emosi pasangan. Pertengkaran memang tak selalu bisa dihindari dalam sebuah hubungan. Namun, pertengkaran yang sehat bisa meningkatkan kedewasaan dan kualitas hubungan jadi lebih baik lagi.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓