Jenis, Tujuan dan Ciri-Ciri BUMN

Kezia Prasetya Christvidya12 Jan 2021, 11:42 WIB
Diperbarui 12 Jan 2021, 11:43 WIB
bumn-kezo

Fimela.com, Jakarta Di Indonesia dikenal adanya Badan Usaha Milik Negara, atau yang sering disebut dengan BUMN. Sebagian atau seluruh dari kepemilikin badan usaha ini dimiliki oleh negara.

Dilansir dari Undang-Undang No. 19 tahun 2013 tentang BUMN, BUMN adalah sebuah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki negara, melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara.

Badan usaha ini bertujuan untuk menyediakan barang atau jasa untuk masyarakat, seperti perusahaan Pertamina, Telkom, Pegadaian, PLN dan Bank Nasional, yang berfungsi untuk menyejahterakan kehidupan masyarakat. Berikut jenis, tujuan dan ciri-ciri BUMN, dilansir Bola.com:

Jenis BUMN

ilustrai jenis bumn/Christina Morillo/pexels
ilustrai jenis bumn/Christina Morillo/pexels

BUMN yang ada di Indonesia dibedakan menjadi dua, yaitu Perusahaan Perseroan (Persero) atau Perusahaan Umum (Perum), berikut penjelasannya:

Perusahaan Persero

Perusahaan Persero merupakan sebuah perusahaan yang berdiri karena adanya modal berbentuk saham. Modal untuk mendirikannya ini sebagian dimiliki oleh negara, dan sebagaian lagi dimiliki oleh penanam saham. Contoh perseroan adalah PT. Pos Indonesia, PT. PLN, PT. Telkom, PT. KAI dan lain sebagainya.

Perusahaan Umum

Perusahaan Umum atau yang sering disebut dengan Perum, merupakan sebuah perusahaan yang berfungsi untuk melayani masyarakat di dalam bidang produksi, distribusi dan konsumsi. Contohnya Perum Pegadaian, Perum Perumahan Umum Nasional, Perum Dinas Angkutan Motor Republik Indonesia dan lain sebagainya.

Tujuan BUMN

ilustrasi tujuan bumn/fauxels/pexels
ilustrasi tujuan bumn/fauxels/pexels

Adanya BUMN di negara Indonesia ini, memiliki tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, bertanggung jawab untuk menyediakan jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, serta mengembangkan perekonomian negara.

Kita telah mengulas tujuan BUMN, yaitu sebagai perwujudan dari kesejahteraan masyarakat Indonesia. Adapun tujuan lainya dari pendirian BUMN, sebagai berikut:

BUMN juga memiliki tujuan yang lainnya, yaitu untuk menambah penerimaan bagi negara di berbagai sektor, memperoleh keuntungan  dari berbagai sektor, membantu perekonomian masyarakat yang lemah dan menjadi pionir dalam berbagai macam kegiatan usaha.

CIri-Ciri BUMN

ilustrai ciri ciri bumn/ ELEVATE/pexels
ilustrai ciri ciri bumn/ ELEVATE/pexels

Secara umum BUMN merupakan aset kekayaan untuk negara, karena sebagian modal BUMN dari negara dan keuntungan BUMN digunakan untuk menyejahterakan masyarakat. Berikut ciri-ciri BUMN yang harus diketahui:

1. Sumber Pemasukan Negara

BUMN memiliki ciri-ciri sebagai sumber pemasukan negara. Karena sebagaian besar modal untuk mendirikan BUMN berasal dari negara, sehingga keuntungan dari BUMN ini dijadikan sebagai sumber pemsukan dana yang utama untuk negara.

Dalam artian lain, berjalannya sebuah perusahaan BUMN ini, bisa membantu meningkatkan dan menjalankan aktivitas perekonomian negara, karena keuntungan BUMN akan masuk ke dalam kas negara.

2. Kekuasaan penuh di Tangan Pemerintah

Ciri-ciri yang kedua dari BUMN adalah kekuasaan berada di tangan pemerintahan secara penuh. Sehingga pemerintah berhak mengontrol, mengawasi dan menguasai BUMN, yang tujuannya untuk mencegah adanya penyelewengan yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Segala Risiko Ditanggung Pemerintah

Selain dikuasai penuh oleh pemerintah, sehingga risiko yang ada pada BUMN akan ditanggung oleh pemerintah, serta hak sepenuhnya BUMN ada di peemrintah.

4. Melayani Kepentingan Umum dan Pelayanan Publik

Ciri ciri BUMN selanjutnya adalah melayani kepentingan umum, serta memberikan pelayanan publik. Seperti tugas utama BUMN sebagai badan usaha yang dibentuk untuk melayani masyarakat.

5. Saham Bisa Dimiliki Masyarakat

Walaupun sebagian besar saham dimiliki oleh negara, tetapi masyarakat juga bisa memiliki saham dari BUMN, tetapi sahamnya tidak boleh lebih dari 50persen dari saham yang dimiliki BUMN.

6. Produknya Dibutuhkan Masyarakat

Ciri-ciri BUMN yang terakhir adalah memiliki produk yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga BUMN memproduksi dan menjual belikan produk yang dibutuhkan masyarakat, seperti bensin yang disediakan PT. Pertamina.

Lanjutkan Membaca ↓