Manfaat 52-Week Savings Challenge Agar Cuan Menabung di Tahun 2021

Anisha Saktian Putri13 Jan 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 07:30 WIB
tabungan investasi

Fimela.com, Jakarta Di tahun 2021, ada baiknya untuk meningkatkan motivasi menabung. Hal sangat penting untuk segera dimulai agar kamu memiliko kondisi keuangan yang sehat dan siap sedia ketika ada kondisi darurat.

Ada banyak cara untuk menabung yang harus diperhatikan saat meningkatkan stabilitas keuangan. Sahabat Fimela perlu memiliki tiga sampai enam bulan biaya hidup dalam dana darurat. Serta perlu mulai mempersiapkan dana dan menabung untuk masa pensiun sebagai prioritas.

Sesuaikan dengan kondisi masing-masing individu. Sebagian dari kamu mungkin juga perlu menyisihkan uang untuk kredit rumah, biaya kuliah, atau merawat orangtua yang sudah lanjut usia.

Bagi banyak orang, memulai adalah bagian tersulit dalam menabung. Jika tidak yakin dari mana harus mulai menabung atau kesulitan menyisihkan uang, sahabat Fimela dapat mulai membangun kebiasaan menabung dengan sistem 52-Week Savings Challenge.

Prinsip 52-Week Savings Challenge

Stop Hura-Hura, Belajar Menabung Biar Kerja Kerasmu Nggak Sia-Sia
(c) Shutterstock

Melansir thebalance.com mulai dengan menabung hanya Rp30 ribu pada minggu pertama, minggu berikutnya sisihkan Rp50 ribu, dan dua minggunya berikutnya Rp100 ribu.

Terus tingkatkan tabungan setiap minggunya, misalnya ditambah Rp10 ribu per-minggu. Di akhir tantangan, bisa menabung Rp700 ribu.

Dengan memulai dari yang kecil dan menciptakan kebiasaan mingguan, 52-Week Savings Challenge dapat membantu membangun kebiasaan yang tidak terasa terlalu berlebihan saat berakhir dengan tabungan dalam jumlah yang signifikan di akhir tahun.

Jangan pernah lupa untuk menyisihkan uang setiap minggunya, buatlah pengingat di smartphone atau kalender. Melatih pengendalian diri, jangan tergoda untuk menggunakan tabunganmu yang sudah susah payang disisihkan.

Jadi, mulailah menabung, sisihkan dana darurat, jadikan menabung menjadi kebiasaan finansial, kemudian Tantangan Hemat 52-Minggu dapat memberikan jalan yang jelas untuk memulai.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓