5 Kisah Perempuan Inspiratif yang Sukses Berbisnis dari Rumah

Endah Wijayanti13 Jan 2021, 08:45 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 08:45 WIB
usaha roti canai di rumah

Fimela.com, Jakarta Peluang mendapat penghasilan dari rumah selalu ada. Ada banyak ide usaha dan bisnis yang bisa dijalankan dari rumah. Mungkin di antara kita ada yang berencana untuk berbisnis dari rumah tapi masih bingung bisnis apa yang cocok untuk dijalankan. Atau masih ada yang cari inspirasi untuk mencoba mencari penghasilan dari rumah. Nah, kali ini Fimela menghadirkan lima kisah perempuan inspiratif yang sukses berbisnis dari rumah.

Semoga dari kisah berikut ini, ada ide atau inspirasi baru yang bisa kita dapat. Serta pastinya semoga kisah-kisah ini bisa menambah semangat untuk lebih berdaya dan mandiri dengan memiliki penghasilan sendiri. Selengkapnya, yuk simak di sini.

1. Membuat Masker Kain khas Jumputan

"Mencoba peruntungan dengan beralih menjadi pedagang, terbersit di pikiranku untuk menjual masker saja karena di masa pandemi seperti ini masker sangatlah dibutuhkan. Namun aku tidak ingin menjual masker yang sama dengan yang dijual di pasaran. Aku ingin sesuatu yang berbeda sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Aku tinggal di Kota Palembang yang memiliki tiga bahan kain utama yang menjadi warisan budaya turun-temurun yaitu songket palembang, kain jumputan, dan kain blongket. Kalian tentunya tak asing dengan songket Palembang yang memang sangat terkenal di seantero Indonesia dengan motifnya yang khas, tapi bagaimana dengan kain jumputan dan kain blongket? Tentunya masih asing di pendengaran masyarakat luar Kota Palembang."

Selengkapnya: Memulai Bisnis dari Rumah dengan Membuat Masker Kain khas Jumputan Palembang

2. Menjadi Penulis Konten

berkarier 20an
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

"Menulis bagiku tidak hanya sebatas hobi. Tapi juga kebutuhan. Aku menekuni dunia literasi sejak duduk di bangku SMA. Berawal dari hobi baca novel di perpustakaan sekolah, bakat penulisku perlahan tumbuh. Terlebih lagi saat media sosial tumbuh pesat. Berbagai jenis tulisan baik fiksi maupun non fiksi sering kuunggah di akun Facebook pribadiku.

Dari seringnya membaca tulisan-tulisan yang terposting di akun Facebook-ku inilah, seorang teman yang memiliki website marketing menawariku untuk mengisi tulisan artikel konten di website-nya. Dia memintaku untuk bekerja secara freelance di mana fee akan dibayar per artikel yang telah kutulis. Meskipun fee-nya tidak seberapa, aku langsung menerima tawaran itu. Kapan lagi bisa bekerja di rumah dengan hobi menulis yang kumiliki. Sejak saat itu, aku resmi berprofesi sebagai freelance content writer."

Selengkapnya: Mendapat Penghasilan dari Rumah dengan Menjadi Penulis Konten

3. Berbisnis Mainan Edukasi Anak

menjual mainan anak
Ilustrasi mainan edukasi anak./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

"Dengan membawa konsep “When Fun Meets Learning” yang artinya bermain itu bisa sambil belajar, harapanku mainan tersebut bisa menjadi media pembelajaran untuk meningkatkan nilai bonding-playing-learning antara anak dan orang tua di masa golden age anak-anak.

Ide produk-produk yang aku jual tentunya berasal dari pengalaman pribadi dan aktivitas sehari-hariku membersamai anak-anak di rumah. Kebetulan, profesi utamaku adalah dosen di salah sebuah perguruan tinggi negeri, jadi aku memiliki fleksibilitas waktu yang cukup tinggi, mengajar sekaligus membersamai anak di rumah saja."

Selengkapnya: Berbisnis Mainan Edukasi Anak, Sudah Berhasil Menjual 1.300 Produk dalam 4 Bulan

4. Berjualan Roti Canai

memasak
Ilustrasi/copyrightshutterstock/maroke

"Suatu hari, seperti mendapat ilham bahwa mungkin ini saatnya memulai apa yang menjadi impianku dengan lebih realistis. Akupun memberanikan diri membuka pre order roti canai dan gulai kari. Plih roti canai karena memang kami (aku, suami, dan anak) suka roti canai. Jadi kalau bikin sekalian untuk dimakan. Nah biasanya pasangan canai adalah gulai kari. Saat pertama kali coba bikin gulai kari ternyata berhasil lolos uji dari mertua yang memang mahir membuat gulai kari.

Alhamdulillah dari postingan open PO itu aku mendapat pelanggan pertama. Saat itu juga aku belajar banyak hal mulai dari pemilihan bahan baku, packaging, pricing (yang ternyata waktu itu pasang harga terlalu murah), dan delivery. Ya walaupun rugi dan repot alhamdulillah jadi punya pengalaman dan dapet pelajaran."

Selengkapnya: Menjalankan Usaha Berjualan Roti Canai, Menjadi Istri yang Lebih Mandiri

5. Mencari Penghasilan sebagai YouTuber

buka channel youtube
Berkarya dari rumah./Copyright shutterstock.com/g/Chakkrit

"Entah dari mana datangnya, muncul dorongan untuk membuat channel Youtube. Hal ini tentu membuat saya berpikir "Apaan sih pikiran ini?" Tetapi dorongan itu terus berputar-putar di dalam kepala saya.

Saya berpikir lagi, mau bikin konten apa? Saya suka makeup tetapi makeup saya ya begitu-begitu saja, natural buat keperluan kerja atau jalan-jalan, agak heboh kalau buat kondangan. Masak cuma seadanya, dan hal-hal kreatif lain bukan bidang saya. Kemudian tidak tahu bagaimana ceritanya saya kesasar di channel yang membahas tentang tarot. Iya, kartu yang katanya bisa meramal masa depan."

Selengkapnya: Saat Hati Bebas Menentukan Pilihan, di Situlah Kunci Kebahagiaan Bisa Didapatkan

Peluang untuk berkarya dan mendapat penghasilan selalu ada. Semoga dari kisah-kisah di atas kita bisa mendapat motivasi dan inspirasi baru, ya. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓