4 Tips Menghindari Gaya Hidup Konsumtif saat Berumah Tangga

Gayuh Tri Pinjungwati13 Jan 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 15:45 WIB
keuangan

Fimela.com, Jakarta Salah satu alasan banyak pasangan bertengkar tentang uang adalah karena mereka tidak melakukan percakapan yang terbuka dan jujur ​​tentang apa yang mereka inginkan dan beli.  Jika ternyata salah satu alasanmu dan pasangan bertengkar soal uang adalah karena menurutnya dirimu membelanjakan terlalu banyak untuk barang yang tidak dibutuhkan, dirimu bisa mengambil tindakan untuk mulai mengekang kebiasaan belanja impulsif. Berikut beberapa tips untuk membantumu mengembalikan pengeluaran sesuai dengan anggaran yang telah dibuat.

Catat Keperluan yang Hendak Dibeli

Buatlah daftar barang yang akan dibeli sebelum dirimu pergi berbelanja. Meskipun hanya ada satu item di daftarmu, tulislah. Itu menjadi pengingat bahwa dirimu pergi ke toko hanya untuk membeli satu item dan bukan lebih dari itu.

Tetap di Rumah dan Berbelanja Online

Bagi sebagian orang, berbelanja online dapat menyebabkan pembelian impulsif, terutama jika mereka lelah atau tidak sadar. Tetapi jika dirimu waspada secara mental, berbelanja online bisa menjadi cara yang bagus untuk menghindari pembelian impulsif karena diirmu dapat melakukan lebih banyak riset sebelum dirimu membeli sesuatu. Saat dirimu berbelanja online, juga lebih mudah untuk mendiskusikan pembelian besar dengan pasangan sebelumnya dan melakukan percakapan yang bermakna tentang nilai pembelian tersebut.

Cermati Kegunaan Barang

Gaya Hidup Konsumtif
Ilustrasi/copyrightshutterstock/liza54500

Sebelum membeli sesuatu cermati terlebih dahulu kegunaan barang tersebut. Misalnya sebelum membeli sepatu baru, lakukan penilaian yang jujur tentang seberapa sering dirimu berencana menggunakan barang yang dirimu beli tersebut.

Hubungankah Kebiasaan Belanja dengan Sesuatu yang Lebih Besar

Salah satu cara terbaik untuk berhenti membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak dirimu butuhkan dan dalam prosesnya memicu perselisihan dengan pasangan adalah dengan melihat dampak pengeluaran terhadap orang lain di seluruh dunia. Konsumerisme yang tidak terkendali di dunia pertama dapat menyebabkan kemiskinan, eksploitasi. dan degradasi lingkungan di dunia ketiga. Alih-alih menghabiskan waktu berbelanja, luangkan waktu untuk mendidik diri sendiri dan pasanganmu tentang bagaimana kalian berdua dapat bekerja sama untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi semua orang. Fokus pada pengeluaran uang untuk berbagi pengalaman dan petualangan yang tidak menghasilkan limbah.

Nah, apakah Sahabat Fimela tertarik untuk mencoba beberapa tips di atas? Yuk, lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan dan membelanjakannya.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓