Mengganggu Tidur Malam, Ini Cara Mengatasi Kebiasaan Buruk yang Dilakukan Pasangan

Gayuh Tri Pinjungwati13 Jan 2021, 20:15 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 20:15 WIB
masalah tidur

Fimela.com, Jakarta Berkali-kali, para ahli tidur mengatakan bahwa kebiasaan tidur yang buruk berdampak pada kesehatan, kebahagiaan, dan kepuasan hubungan setiap malam. Baik itu menendang, melempar, atau mendengkur, pasanganmu tidak hanya melewatkan tidur malamnya yang nyenyak, tetapi juga memengaruhimu. Sebuah studi baru-baru ini mengatakan bahwa satu dari setiap tiga orang dewasa yang memiliki pasangan mengatakan bahwa mereka memiliki masalah hubungan akibat gangguan tidur pasangan mereka. Meskipun tidur bersama dapat menciptakan keintiman, tetapi juga dapat menurunkan kepuasan dalam kehidupan pribadi. Berikut cara menghindari konflik waktu malam yang paling umum.

Bagi Pendekur

Tak jarang kita menjumpai pasangan yang selalu mendekur ketika sedang tidur. Suara dekuaran tersebut tentu dapat mengganggu tidur dan bahkan dirimu sulit untuk tidur. Tips yang dapat dilakukan yakni mintalah pasangan untuk tidur dengan posisi miring atau memiringkan kepala di tempat tidur. Untuk solusi permanen, dorong pasangan untuk melakukan gym atau rutinitas kebugaran apa pun. Kelebihan berat badan cenderung memberi tekanan pada leher yang dapat menyebabkan peningkatan dengkuran. Selain itu, perubahan gaya hidup, seperti berhenti merokok dan minum alkohol, serta menjalankan pola makan sehat dapat membantu menjaga saluran udara tetap terbuka.

Penendang

Pasangan tidur
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Nixx Photography

Jika Sahabat Fimela ditendang setidaknya 5 kali untuk setiap jam tidur yang membuatmu bangun dan merasa  kesal, maka dipastikan pasanganmu menderita PLMS (Periodic Limb Movements in Sleep). Meskipun pasanganmu mungkin tertidur sepanjang malam, kakinya berlari maraton membuatnya merasa kelelahan di pagi hari.

Tips untuk mengatasi penyebab utama sindrom kaki gelisah adalah pola makan yang kurang. Karenanya, fokuslah pada gizi pada makanan yang dikonsumsi. Pilihlah makanan bebas gula, tinggi protein dengan camilan berprotein di malam hari. Selain itu, zat besi, vitamin C, triptofan, dan asam folat juga dapat membantu, serta hindari kafein.

Pecandu TV

Sahabat Fimela mungkin lelah meyakinkan pasangan untuk segera tidur, tetapi dia tidak bisa menahan diri untuk menonton televisi sampai tengah malam dan akhirnya tertidur dengan TV menyala. Jika dirimu tinggal di ruangan kecil, terlalu sulit untuk tidur dengan semua kebisingan itu. Selain itu, dirimu kesal karena bangun di dini hari hanya untuk melihat TV yang masih menyala. Terlepas dari kurangnya percintaan, yang mengganggumu adalah pemborosan listrik.

Tips untuk mengatasinya yakni, minta pasanganmu untuk menikmati hiburan di perangkat yang lebih tidak mengganggu. ponsel dengan menyambungkan headphone, bukan TV atau laptop dengan suara menyala. Bersikaplah fleksibel dan cobalah menghabiskan waktu berkualitas bersama meskipun itu mengharuskanmu untuk begadang sampai sedikit lebih lambat dari biasanya. Itu akan membuatmu merasa lebih dekat satu sama lain.

Nah, dari setiap masalah, cobalah untuk mengomunikasikannya dengan pasangan supaya menemukan jalan untuk memecahkan masalah.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓