7 Manfaat Air Kelapa Muda yang Baik untuk Tubuh dan Kulit

Kezia Prasetya Christvidya13 Jan 2021, 15:48 WIB
Diperbarui 13 Jan 2021, 18:32 WIB
air kelapa-kezo

Fimela.com, Jakarta Air kelapa muda sangat terkenal di dunia kesehatan maupun kecantikan. Karena air kelapa muda ini, memiliki kandungan yang kaya akan gizi dan nutrisi, untuk menyehatkan tubuh dan kulit.

Air kelapa sangat cocok untuk dinikmati pada siang hari, karena memiliki rasa yang menyegarkan, membantu menghidrasi tubuh dan bisa membantu mengembalikan energi tubuh.

Air kelapa muda ini memiliki kanudngan vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat dan lain sebagainya, yang baik dikonsumsi setiap harinya. Berikut manfaat air kelapa muda yang baik untuk tubuh dan kulit, dilansir dari Liputan6.com:

Melancarkan Sistem Pencernaan dan Menghidrasi Tubuh

ilustrasi manfaat air kelapa/Here Asia/shutterstock
ilustrasi manfaat air kelapa/Here Asia/shutterstock

Melancarkan Sistem Pencernaan

Air kelapa muda sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.  Karena air kelapa muda memiliki kandungan asam amino, enzim, mineral dan asam lemak.

Kandungan yang tedapat di dalam air kelapa muda tersebut, bisa membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih dan gangguan ginjal.

Menghidrasi Tubuh

Saat melakukan aktivitas harian, cairan di dalam tubuh akan berkurang dan menyebabkan dehidrasi. Mengonsumsi air kelapa secara rutin, bisa membantu menghidrasi tubuh, dengan menggantikan cairan yang ada di dalam tubuh.

Kandungan yang terdapat di dalam kelapa muda, juga bisa membantu menjaga tekanan air di dalam sel dan di dalam darah. Karena air kelapa muda memiliki kandungan potasium.

Mengontrol Tekanan Darah dan Menstabilkan Berat Badan

ilustrasi manfaat air kelapa/showcake/shutterstock
ilustrasi manfaat air kelapa/showcake/shutterstock

Mengontrol Tekanan Darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi, sangat diperbolehkan untuk mengonsumsi air kelapa muda ini. Karena air kelapa muda memiliki kandungan kalium tinggi dan rendah natrium, yang bermanfaat untuk membantu mengontrol tekanan darah.

Menurut sebuah penelitian, orang yang rajin mengonsumsi air kelapa ini, bsia membantu mencegah penyakit jantung atau struk yang membahayakan nyawa orang.

Menstabilkan Berat Badan

Pejuang diet sangat cocok untuk mengonsumsi air kelapa muda. Karena air kelapa muda bisa membantu menstabilkan berat badan, membantu penyerapan gula di dalam tubuh dan membantu mengurangi kolesterol jahat.

Hal ini disebabkan karena air kelapa muda memiliki kandungan lemak, kadar gula dan kalori yang sangat rendah, yang aman untuk dikonsumsi setiap hari, tanpa adanya efek samping.

Mencegah Penuaan Dini, Mencerahkan Kulit dan Menghilangkan Jerawat

ilustrasi manfaat air kelapa muda/Regreto/shutterstock
ilustrasi manfaat air kelapa muda/Regreto/shutterstock

Mencegah Penuaan Dini

Saat menginjak usia 25tahun, kolagen di dalam kulit akan berkurang. Hal iini bisa menyebabkan kulit mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti kulit mengendur, muncul flek hitam dan munculnya kerutan di kulit.

Air kelapa muda memiliki kandungan sitokin, yang berfungsi sebagai anti penuaan dini, menyeimbangkan pH kulit dan menguatkan jaringan ikat.

Mencerahkan Kulit

Kulit kering bisanya disebabkan karena kulit dehidrasi, dan terlalu sering terpapar sinar matahari. Kulit yang kering akan terlihat lebih kusam. Mengonsumsi air kelapa muda secara rutin, bisa membantu menghidrasi kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Menghilangkan Jerawat

Rutin mengonsumsi air kelapa muda, bisa membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Tubuh yang terhindar dari racun, bisa mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah.

Resep Olahan Kelapa Muda

ilustrasi resep olahan kelapa muda/Valentina_G/shutterstock
ilustrasi resep olahan kelapa muda/Valentina_G/shutterstock

Es Blewah Kelapa Muda Timun Suri

Bahan:

  • Kelapa muda
  • Blewah
  • Timun suri
  • Selasih
  • Nata de coco
  • Gula putih dicairkan
  • Es batu
  • Air putih

Cara membuat:

  1. Siapkan mangkuk. Masukkan serutan blewah dengan ukuran besar.
  2. Tambahkan semua bahan lainnya ke dalam mangkok.
  3. Tambahkan gula putih yang sudah dicairkan sesuai selera.
  4. Tambahkan air dan es batu.
  5. Es blewah segar siap dihidangkan

Smoothie Kelapa Muda Kurma

Bahan:

  • 1 Buah kelapa muda
  • 8 buah kurma
  • Kacang almond sesuai selera
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Ambil air dari kelapa muda ke dalam blender.
  2. Masukkan kurma yang sudah dibuang bijinya, kacang almond dan es batu.
  3. Blender semuanya hingga halus.
  4. Smoothie kelapa muda kurma siap disajikan.
Lanjutkan Membaca ↓