Kontak dengan Orang Positif COVID-19 dan tidak Terinfeksi? Ini Alasannya

Annissa Wulan14 Jan 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 14 Jan 2021, 20:30 WIB
ilustrasi anak mengenakan masker

Fimela.com, Jakarta Ada kemungkinan besar kamu tidak tertular, walaupun tinggal satu rumah atau sempat kontak dengan seseorang yang positif COVID-19. Jika kamu pernah mengalaminya, sebagian besar ini karena keberuntungan.

Menurut para pakar, penularan COVID-19 tergantung pada berapa banyak partikel tetesan yang diproduksi seseorang dan berapa lama mereka mengandung virus. Dua hal ini bisa sangat bervariasi.

Bagian yang sulit diketahui adalah berapa banyak virus yang mungkin menginfeksi pada titik tertentu. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature pada bulan April, dilakukan pada 94 pasien COVID-19 dan menemukan bahwa 44% orang tertular dari pasien yang belum menunjukkan gejala, seperti dilansir dari bustle.com.

Kenapa bisa terinfeksi, walaupun kontak dengan orang yang positif COVID-19?

[Fimela] masker mulut
ilustrasi masker mulut | pexels.com/@polina-tankilevitch

Beberapa orang mungkin menularkan lebih lama daripada yang lain. MedScape melaporkan bahwa berbagai penelitian telah menemukan orang dengan COVID-19 tetap menular antara 8 dan 37 hari setelah mereka pertama kali terkena virus.

Tidak jelas mengapa ada begitu banyak variasi. Sistem kekebalan bisa menjadi satu sumber, aktivitas, dan hal lainnya mungkin memudahkan untuk menempatkan sejumlah besar virus ke udara.

Kenapa bisa terinfeksi, walaupun kontak dengan orang yang positif COVID-19?

masker-kezo
ilustrasi masker kain/pexels

Sebuah editorial di British Medical Journal pada bulan Desember mengatakan bahwa orang tanpa gejala mungkin tidak terlalu menular, namun model statistik oleh CDC yang diterbitkan di JAMA Network Open pada tahun 2021 menemukan bawha mereka sebenarnya bertanggung jawab atas 60% kasus infeksi COVID-19. Tempat tinggal juga berkontribusi, jika kamu berada di ruangan kecil dengan ventilasi udara yang buruk, risikonya akan lebih besar daripada jika kamu berada di luar ruangan atau di dalam ruangan luas dengan ventilasi yang baik.

Jika kamu melakukan kontak dengan seseorang yang positif COVID-19, maka sebaiknya segera melakukan pencegahan, seperti sering mencuci tangan, membersihkan permukaan benda-benda yang sering disentuh, mandi segera setelah keluar rumah, dan hindari menyentuh wajah. Wajib untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak sosial.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓