Ketahui 5 Jenis Penyakit yang Mudah Menyerang Orang Lanjut Usia

Imelda Rahma14 Jan 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 14 Jan 2021, 13:35 WIB
Lansia

Menjadi tua adalah keniscayaan bagi setiap manusia dan merupakan proses hidup yang akan dilalui oleh setia orang. Pastinya kualitas tubuh ketika umur semakin menua juga akan ikut terpengaruh. Jika pada masa muda dulu tubuh selalu bugar dan sehat, semakin bertambah usia fungsi-fungsi organ tubuh pun mulai melemah.

Akibatnya, penyakit pun mudah menghampiri orang yang lanjut usia (lansia) dan tubuh lebih mudah terkena komplikasi penyakit. Hal ini pun dibenarkan oleh Dokter spesialis penyakit dalam dr Ester Morina Silalahi, SpPD, MKed (PD), FINASIM, mengatakan proses penuaan alias menjadi lanjut usia itu alamiah dan normal. Proses penuaan itu akan menjadi penuaan sehat atau penuaan sakit dipengaruhi banyak faktor dan kondisi kesehatan sejak janin.

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para lanjut usia adalah masalah kesehatan akibat proses penuaan, terjadinya kemunduran fungsi sel-sel tubuh (degeneratif) dan menurunnya fungsi sistem imun tubuh sehingga muncul banyak penyakit degeneratif, gangguan gizi (malnutrisi), penyakit infeksi, masalah kesehatan gigi dan mulut dan lain-lain.

Nah, untuk menambah informasi terkait kesehatan lansia, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 jenis penyakit yang mudah menyerang orang lanjut usia. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih
Ilustrasi Lansia Credit: pexels.com/Grinder

Jenis penyakit pertama yang mudah menyerang lansia ialah infeksi saluran kemih. Adapun gejala awal dari penyakit ini menyerupai infeksi pada umumnya. Yakni, berupa penurunan nafsu makan, keluhan seperti nyeri ulu hati, dan mual (sindrom dispepsia). Keluhan lemas dan lesu akan mendominasi disertai kehilangan minat.

Pada pasien perempuan lanjut usia sering air kemih berwarna keruh sampai bernanah. Perlu dilakukan pemeriksaan biakan urine dan uji resisensu sebelum diberikan antibiotik untuk penanganan dan pengobatannya.

Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Penyakit Paru Obstruktif Kronik
Ilustrasi Penyakit Paru Obstruktif Kronik Credit: pexels.com/Tristan

Jenis penyakit kedua yang mudah menyerang lansia ialah penyakit paru obstruktif kronik yang disebabkan beberapa penyakit, namun apapun penyebabnya harus diupayakan agar usia lanjut terhindar dari eksaserbasi akut.

Adapun beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan eksaserbasi antara lain infeksi saluran pernapasan oleh bakteri maupun virus influeza. Gangguan menelan, tersedak, hygiene gigi mulut yang buruk akan meningkatkan risiko masuknya kuman ke saluran napas.

Pneumonia

Pneumonia
Ilustrasi Pengobatan Lansia Credit: pexels.com/Drew

Jenis penyakit ketiga yang mudah menyerang lansia ialah pneumonia. Adapun gejala awal dari penyakit ini yang akan muncul pada lansia berupa menurunnya nafsu makan, keluhan akan terlihat seperti nyeri di ulu hati. Keluhan lemas dan lesu akan mendominasi disertai kehilangan minat.

Gejala pneumonia pada orang lanjut usia tidak selalu berupa batuk, demam, sesak napas. Dalam pemeriksaan laboratorium, sering kali juga tidak muncul leukositosis (sel darah meningkat), namun hanya berupa peningkatan presentase sel darah tepi (sel segmen).

Hipertensi

Hipertensi
Ilustrasi Pemeriksaan pada Lansia Credit: pexels.com/Gunjan

Jenis penyakit keempat yang mudah menyerang lansia ialah hipertensi. Penyakit ini bisa dialami lansia baik perempuan maupun laki-laki. Agar pengobatan hipertensi pada lanjut usia dapat berjalan optimal, maka para lansia diharapkan mampu untuk mengimbangi penerapan gaya hidup sebagai perilaku sehari-hari.

Sebagai contoh, membatasi konsumsi garam, banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari dan menjaga berat badan. Penerapan pola hidup sehat lansia akan membuat penyakit hipertensi tidak mudah menyerang.

Osteoarthritis

Osteoarthritis
Ilustrasi Penyakit Osteoarthritis Credit: pexels.com/Chen

Terakhir, jenis penyakit lainnya yang mudah menyerang para lansia ialah osteoarthritis. Perlu diketahui bahwa penyakit ini adalah salah satu penyakit degeneratif yang sering menyerang usia lanjut adalah osteoarthritis. Organ yang paling sering terkena adalah lutut, panggul, dan tulang belakang.

Kemudian, penyakit ini tidak dapat disembuhkan maka pengobatan dengan menghilangkan keluhan nyeri sistomatik dan edukasi serta rehabilitas menjadi sangat penting.

Lanjutkan Membaca ↓