Sukses

Lifestyle

Pentingnya Alihkan Risiko Bisnis ke Perusahaan Asuransi yang Wajib Dipahami

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang menjalankan bisnis itu selalu ada risikonya. Nggak ada yang salah dari pernyataan tersebut, bahkan hal itulah yang harus kamu antisipasi sebagai seorang pengusaha. Lebih-lebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Ada banyak risiko menanti dan harus siap dihadapi kapan saja.

Inilah kenapa penting banget untuk memanfaatkan asuransi bisnis dalam menjalankan beragam usaha, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan asuransi tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan, termasuk di antaranya pengalihan risiko, pertumbuhan bisnis, pengumpulan premi dana seimbang, serta pencegahan kerugian.

Pertanyaannya sekarang, sudahkah kamu menyisihkan dana untuk alihkan risiko bisnis? Hal inilah yang disampaikan Darry Avianto selaku ADMF Business Development Head Adira Insurance dalam kelas online Komunitas Bukalapak x Zurich bertajuk 'Strategi Agar Usaha Tidak Rugi? Di Sini Jawabannya!'

Bukan tanpa alasan kenapa hal tersebut penting dilakukan. Menurut Derry, ada beberapa alasan kenapa menyisihkan dana untuk alihkan risiko bisnis ini penting dilakukan, terutama bagi para pelaku UMKM di masa pandemi.

Menjauhkan dari Kekhawatiran Risiko Bisnis

Menurut Derry, menyisihkan dana untuk mengalihan risiko ini dapat menjauhkan dari rasa khawatir sekaligus memberikan rasa aman dari risiko yang bisa terjadi kapan saja pada bisnis yang kamu jalankan. Lewat asuransi bisnis, kamu sebagai pemilik usaha menjadi lebih tenang dan fokus jalankan usaha, karena beragam risiko bisnis telah kamu alihkan ke perusahaan asuransi.

Jaminan Akan Kerugian Risiko Bisnis Lebih Pasti

Lebih lanjut, kamu juga bisa mendapatkan kepastian atas risiko apa saja yang mungkin terjadi dengan memanfaatkan asuransi bisnis. Derry mencotohkan Adira Insurance yang merupakan bagian dari Zurich Group hadir untuk memberikan perlindungan tempat usaha beserta isinya, dari beragam risiko, seperti kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, asap, kerusuhan, pembongkaran maupun tanah longsor.

Melalui asuransi tersebut, pemilik usaha juga akan mendapatkan jaminan akibat kecelakaan yang menyebabkan kematian dan cacat tetap bagi tertanggung maupun anggota keluarga. Bahkan aset pemilik usaha akan kembali jika terjadi risiko.

Risiko Bisnis Dapat Dipindahkan Kepada Pihak yang Tepat

Alasan ketiga dari pentingnya menyisihkan dana lewat asuransi bisnis adalah kamu dapat memindahkan risiko ke perusahaan asuransi. Hal ini akan membuatmu jauh lebih tenang, karena nggak lagi harus dibayang-bayangi dampak buruk dari risiko bisnis saat menjalankan usaha. Pasalnya, perusahaan asuransi akan mengganti kerugian yang terjadi akibat beragam risiko bisnis yang ada.

"Dengan kita menyisihkan dana untuk asuransi bisnis itu artinya kita dapat memindahkan risiko kita menjadi risiko perusahaan asuransi," jelas Darry.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading