5 Tips Jitu untuk Menghilangkan Rasa Malas dan Kantuk saat Bekerja

Imelda Rahma16 Jan 2021, 10:35 WIB
Diperbarui 16 Jan 2021, 10:35 WIB
Bekerja

Siang hari merupakan waktu yang rawan bagi para pekerja dan karyawan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya karena mudah merasa malas dan mengantuk. Tentunya hal ini bukanlah contoh yang baik karena dapat memengaruhi produktivitasmu dalam bekerja.

Setelah makan siang, biasanya kamu akan mulai merasa malas dan mengantuk sehingga membuatmu tidak berselera atau bersemangat kembali untuk melanjutkan pekerjaan. Namun, ketika sedang berada di kantor atau beban kerja tengah menumpuk, pasti kamu akan merasa dilema bahkan tersiksa karena rasa malas dan kantuk yang kamu rasakan membuatmu enggan menyentuh pekerjaan.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu tips dan trik agar rasa malas dan kantuk tersebut dapat hilang saat bekerja pada siang hari, terutama setelah makan siang dan istirahat. Memang merupakan hal sepele, namun jika tidak diatasi dampaknya akan kurang baik untuk pekerjaanmu.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan 4 tips jitu untuk menghilangkan rasa malas dan kantuk saat bekerja. Dilansir dari Liputan6.com, simak semua tipsnya berikut ini.

Datang ke Kantor Lebih Awal

Datang ke Kantor Lebih Awal
Ilustrasi Bekerja Credit: pexels.com/Marianne

Tips jitu yang pertama untuk menghilangkan rasa malas dan kantuk saat bekerja ialah dengan datang lebih awal ke kantor. Percaya atau tidak, namun mandi dan datang pagi hari ke kantor punya efek tersendiri untuk membuatmu semangat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Pastinya hal ini berbeda jika kamu datang terlambat, motivasi untuk bekerja dengan baik pun sudah hilang sejak awal. Maka dari itu, jika kamu ingin pekerjaan cepat selesai dan tidak mudah merasa malas dalam bekerja, kuncinya adalah datang lebih pagi dengan semangat baru ke kantor.

Mendengarkan Musik yang Kamu Sukai

Mendengarkan Musik yang Kamu Sukai
Ilustrasi Mendengarkan Musik Credit: pexels.com/Burst

Tips jitu yang kedua untuk menghilangkan rasa malas dan kantuk saat bekerja ialah dengan mendengarkan musik atau lagu yang kamu sukai. Cara ini adalah yang paling mudah banyak dilakukan oleh mereka yang sedang bekerja atau mengerjakan tugas. Pastinya menyelesaikan pekerjaan sambil mendengarkan musik yang kamu sukai akan menambah semangat.

Jika mendengarkan lagu juga bisa mengganggu konsentrasi, kamu bisa mendengarkan musik-musik instrumen untuk pendengaran yang lebih lembut dan nyaman. Hal ini karena banyak penelitian membuktikan bahwa mendengarkan instrumen saat bekerja juga memberikan relaksasi bagi otak.

Singkirkan Ponsel dan Segala Hal yang Menyebabkan Distraksi

Singkirkan Ponsel dan Segala Hal yang Menyebabkan Distraksi
Ilustrasi Bekerja Credit: pexels.com/Tirachard

Tips jitu yang ketiga untuk menghilangkan rasa malas dan kantuk saat bekerja ialah dengan menjauhkan dirimu dari ponsel atau segala hal yang bisa membuatmu terdistraksi. Ponsel yang ada pada meja kerja akan membuat konsentrasimu terpecah karena tanganmu bisa saja tidak kuat menahan diri untuk membukanya.

Dengan menghilangkan segala bentuk distraksi yang bisa mengganggumu dalam bekerja, kamu akan lebih mudah fokus dan terhindar rasa malas dan juga kantuk. Usahakan juga meja kantor selalu rapih dan bersih supaya kamu betah menyelesaikan pekerjaan.

Mengonsumsi Cemilan Ringan

Mengonsumsi Cemilan Ringan
Ilustrasi Mengonsumsi Cemilan Credit: pexels.com/Kelly

Tips jitu yang keempat untuk menghilangkan rasa malas dan kantuk saat bekerja ialah dengan mengonsumsi cemilan ringan. Mengonsumsi cemilan ringan bisa membangkitkan semangat dan mengusir rasa kantuk saat bekerja.

Sebaiknya kamu pilih cemilan ringan yang juga sehat sehingga makanan yang kamu konsumsi juga bermanfaat bagi tubuh. Sebagai contoh, kamu bisa mengonsumsi salad buah atau salad sayur serta dimsum kukus yang mengenyangkan. Dijamin setelahnya kamu akan kembali bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Rehat Sejenak

Rehat Sejenak
Ilustrasi Bekerja Credit: pexels.com/Clain

Terakhir, tips jitu yang kelima untuk menghilangkan rasa malas dan kantuk saat bekerja ialah dengan rehat sejenak dari beban pekerjaan yang tengah kamu selesaikan. Bisa jadi kamu merasa malas dan mengantuk karena tubuhmu kelelahan. Oleh karena itu, ketika malas dan kantuk datang sebaiknya kamu berhenti sejenak untuk beristirahat.

Kamu bisa beristirahat dengan menonton film dnegan durasi tertentu sehingga tidak menggangu pekerjaan atau melakukan olahraga-olahraga ringan agar tubuhmu tidak mudah capek dan kram saat bekerja.

Lanjutkan Membaca ↓