Diary Fimela: Olaf Purvis Dirikan Buka PO untuk Bantu UMKM Capai Konsumen Lebih Luas

Nabila Mecadinisa17 Jan 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 13:25 WIB
Olaf Purfis, Buka PO

Fimela.com, Jakarta Ada hikmah yang bisa dipetik dari pandemi. Justru dengan segala keterbatasan, banyak ide kreatif dan inovasi yang bisa jadi solusi untuk melangkah lebih baik di masa mendatang.

Seperti yang dilakukan oleh Olaf Purvis yang merupakan Founder dari Buka PO, sebuah platform berbasis website untuk bantu UMKM di Bali. Diluncurkan pada akhir Oktober 2020 kemarin, misi utama dari Buka PO adalah untuk meningkatkan penjualan para UMKM khususnya bidang makanan rumahan dan memberikan ruang agar bisa berjualan secara lebih luas.

Olaf Purvis mengatakan jika "Buka PO adalah platform untuk menampung sekian banyak individu yang berjualan makanan, yang terimbas pandemi yang tak kunjung usai." Ungkapnya. Seperti yang diketahui, Bali adalah salah satu daerah yang terkena dampak pandemi secara langsung. Akibat COVID-19, banyak restoran dan hotel di Bali yang tutup, atau beroperasi paruh waktu, sehingga membuat pemilik usaha terpaksa memotong gaji para karyawan, merumahkan sementara, atau ada juga yang terkena PHK. 

Sebuah platform untuk memajukan UMKM di bidang kuliner

Buka PO
Tampilan website dari Buka PO.

Untuk bertahan hidup, banyak dari mereka yang memutuskan berjualan makanan, sehingga pengusaha UMKM kuliner kini semakin banyak. Dengan adanya buka PO, maka para pelaku UMKM bisa terbantu untuk memasarkan produknya lebih baik.

Prosesnya dirancang agar pemesanan atau pembayaran dilakukan dengan sistem pre-order, sehingga para penggiat UMKM yang tidak memiliki modal, bisa menjalani usaha tanpa terbebani. Produk tersebut bisa didaftarkan secara gratis, dan pengambilan produk juga dilakukan oleh Buka PO tanpa dipungut biaya. Untuk proses pengiriman, buka PO bekerjasama dengan perusahaan kurir di mana para karyawannya juga terdampak oleh pandemi COVID-19.

Untuk pemesanan makanan dilakukan minimal satu hari sebelum pengantaran dan para pelanggan bisa melakukan pemesanan hingga satu bulan ke depan. Dan para pelanggan juga bisa memesan makanan dari ragam UMKM berbeda hanya dalam satu kali transaksi.

Sejak diluncurkan Buka PO, kurang lebih selama dua bulan, terdapat 125 UMKM bergabung dengan 400 jenis makanan dan minuman. Jumlah ini masih terus bertambah setap harinya. Tak hanya menghadirkan sebuah platform, namun Buka PO juga mengadakan promosi hingga 50-70% dimana promosi tersebut disponsori oleh buka PO. Dengan kualitas makanan yang unggul, sebanyak 6.000 porsi makan sudah berhasil terjual.

Harapannya, dengan adanya Buka PO, maka para penggiat UMKM bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Yuk, kita dukung UMKM Makanan Rumahan di Bali dengan memesannya melalui www.bukapo.net.

#Elevate women

Lanjutkan Membaca ↓