Sukses

Lifestyle

Saat Lahir, Anak Lebih Mirip Ayah atau Ibunya? Penelitian Membuktikan Seperti Ini

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti memberikan gennya secara alami kepada anak. Namun seberapa banyak porsinya mungkin akan sedikit membingungkan jika ditelurusi secara biologis. Namun tahukah kamu bahwa ternyata anak akan cenderung mirip ayahnya dibandingkan ibunya ketika lahir?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Genetics menemukan bahwa manusia menggunakan lebih banyak DNA dari ayah daripada ibunya saat mengalami mutasi, proses genetik yang membuat kita menjadi diri kita saat ini.

Anak Lebih Mirip Ayahnya daripada Ibunya

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas North Carolina ini menguji mutasi genetik dari tikus kawin silang khusus untuk melihat mutasi mana yang mengubah ekspresi gen.

Dari 80% uji coba, gen menunjukkan ketidakseimbangan ekspresi genom dan gen paling menonjol atau paling banyak terlihat ternyata berasal dari ayah, seperti dijelaskan penulis penelitian, James Crowley. Meski dilakukan pada tikus namun para peneliti percaya bias serupa juga akan ada terlihat untuk subjek manusia.

Tentu saja, kamu mungkin tampak lebih mirip ibumu secara fisik maupun perilaku, namun secara genetika ternyata gen ayah lebih mendominasi. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa meskipun kita mewarisi jumlah gen yang sama dari orangtua kita, namun sebenarnya kita mewarisi lebih banyak gen dari ayah. Wah, fakta yang unik ya Sahabat Fimela.

#ElevateWomen with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading