Pengertian Mental Illness, Gejala dan Penyebab yang Harus Disadari

Kezia Prasetya Christvidya16 Jan 2021, 08:35 WIB
Diperbarui 16 Jan 2021, 09:45 WIB
mental-kezo

Fimela.com, Jakarta Mental illness atau yang disebut dengan gangguan kesehatan mental, adalah sebuah penyakit yang mempengaruhi suasana hati, pola pikir dan tingkah laku seseorang, seperti depresi atau gangguan kecemasan.

Mental illness sangat berpengaruh dengan kehidupan sehari-hari. Karena gangguan mental ini bisa membuat penderitanya susah untuk berpikir jernih, sangat sensitif perasaannya, bahkan bisa melakukan perbuatan yang tidak terduga, yang bisa merusak hubungan sosialnya.

Namun gangguan mental ini masih sering disepelekan oleh masyarakat. Bahkan penderitanya dianggap orang gila, yang tak jarang malah dijauhi oleh masyarakat. Berikut pengertian mental illness, gejala dan penyebab yang harus disadari, dilansir dari Merdeka.com:

Penyebab Mental Illness

ilustrasi penyebab mental illness/Anh Nguyen/unsplash
ilustrasi penyebab mental illness/Anh Nguyen/unsplash

Secara umum, mental illness atau gangguan kesehatan mental disebabkan karena terlalu stres, yang berasal dari ketakutan, kecemasan, khawatiran dan semacamnya. Tetapi menurut ahli, penyebab mental illness dibedakan menjadi dua yaitu adanya faktor biologis dan faktor psikologis. Berikut penjelasannya:

Faktor Biologis

Faktor biologis adalah gangguan mental yang disebabkan karena adanya faktor organik, seperti adanya gangguan sel saraf di otak, adanya kelainan pada otak, cedera otak akibat benturan atau kecelakaan, kekurangan oksigen dan nutrisi saat bayi, adanya faktor keturunan, serta penggunaan narkoba dalam jangka yang panjang.

Faktor Psikologis

Faktor psikologis adalah gangguan mental yang disebabkan karena adanya trauma, kehilangan orang yang berharga, tidak mudah beradaptasi dengan orang lain, akibat perceraian dan sering merasa tidak mampu atau rendah diri untuk menjalani kehidupan.

Gejala Mental Illness

ilustrasi gangguan mental illness/Joshua Rawson-Harris/unsplash
ilustrasi gangguan mental illness/Joshua Rawson-Harris/unsplash

Gangguan kesehatan mental terdiri dari berbagai macam seperti gangguan kecemasan, gangguan kepribadian, gangguan psikotik, gangguan makan dan lain sebagainya.

Gejala yang muncul juga berbeda-beda, tergantung dari gangguan jiwa yang sedang dialami penderitanya. Namun gejala yang sering terjadi adalah munculnya suatu waham atau delusi, yang menyakini sesuatu yang tidak nyata.

Seseorang yang mengalami gangguan mental juga bisa mengalami halusinasi, yang sering melihat, mendengarkan atau merasakan sesuatu yang tidak nyata. Ia juga sering merasa takut, sangat sedih, cemas, marah berlebihan, susah tidur, tidak bisa makan, hingga mengalami gejala sakit seperti asam lambung.

Macam-Macam Mental Illness

ilustrasi macam-macam mental illness/Carolina Heza/unsplash
ilustrasi macam-macam mental illness/Carolina Heza/unsplash

Ada beberapa macam-macam gangguan mental, yang memiliki gejala dan penyebab yang berbeda-beda. Namun gangguan mental ini harus segera disadari dan di atasi. Berikut macam-macam gangguan mental:

Depresi

Gangguan mental dengan mengakibatkan perasaan suasana hati yang berubah-ubah, membuat seseorang tidak percaya diri, kehilangan napsu makan dan kehilangan minat untuk manjalani kehidupan, bisa disebut dengan depresi.

Bipolar

Bipolar merupakan gangguan mental, yang ditandai dengan adanya perubahan suasana hati yang sangat ekstrim, dengan gejala mania dan depresif, sehingga suasana hatinya bisa mendadak bahagia dan bisa sangat sedih tanpa ada alasan yang jelas. Bahkan seseorang yang bipolar, bisa melakukan tindakan yang melukai diri sendiri dan orang lain.

Anorexia Nervosa

Gangguan mental bernama anorexia nervosa, adalah sebuah ketakutan karena berat badan naik. Seseorang yang mengidap penyakit mental ini, biasanya memiliki tubuh yang kurus dan mengonsumsi makanan yang sangat sedikit, karena terlalu takut berat badan naik.

Gangguan Stres Pasca-Trauma (PTSD)

Gangguan stres pasca trauma atau Post-traumatic stress disorder (PTSD), adalah gangguan mental yang disebabkan karena seseorang menyaksikan suatu kejadian, yang membuat dirinya menjadi sangat ketakutan dan menyebabkan trauma. Seperti akibat melihat atau pernah mengalami kekerasan secara verbal atau fisik.

Gangguan Kecemasan

Seseorang yang mengalami gangguan kecemasan, biasanya selalu mengkhawatirkan kehidupan sehari-harinya. Gangguan ini meliputi gangguan kepanikan, gangguan kecemasan sosial, atau memiliki fobia terhadap sesuatu yang membuatnya cemas.

Lanjutkan Membaca ↓