Tanda-tanda Kamu Berada di Lingkungan Kerja yang Sehat

Imelda Rahma18 Jan 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 09:15 WIB
Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja yang sehat adalah komponen penting dalam suatu keberlangsungan usaha dan pekerjaan. Lingkungan kerja adalah modal internal yang penting karena hal ini langsung berpengaruh terhadap produktivitas karyawan dalam bekerja.

Sayangnya, tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua perusahaan bisa memastikan bahwa lingkungan kerja mereka adalah lingkungan yang suportif. Ada kalanya lingkungan tersebut merupakan lingkungan yang toxic dan dipenuhi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Oleh karena itu, untuk memastikan apakah kamu sedang berada dalam lingkungan kerja yang sehat atau tidak, kamu perlu mengetahui tanda-tandanya. Satu hal yang menjadi ciri bahwa lingkungan kerjamu sehat adalah kamu diberi kesempatan untuk mengembangkan diri dalam pekerjaan dan perusahaan juga percaya terhadap kapabilitasmu.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas tanda-tanda kamu berada di lingkungan kerja yang sehat. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Suasana Kantor yang Hangat dan Ceria

Suasana Kantor yang Hangat dan Ceria
Ilustrasi Suasana Kantor Credit: pexels.com/CoWomen

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa kamu tengah berada di lingkungan kerja yang sehat ialah suasana kantor tempat kamu bekerja selalu memberikan kehangatan dan diisi oleh orang-orang yang ceria. Meskipun terlihat sepele, tetapi kehangatan dan keceriaan amat berpengaruh terhadap psikis karyawan.

Suasana kantor yang hangat bisa membuat seseorang juga semakin bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaannya karena dia tahu bahwa semua orang dikantor tersebut memedulikannya. Tentu saja hal ini akan jadi berbeda ketika suasana kantor dipenuhi oleh orang-orang individualistis yang tidak saling peduli satu sama lain.

Persahabatan Sesama Karyawan

Persahabatan Sesama Karyawan
Ilustrasi Persahabatan Sesama Karyawan Credit: pexels.com/Fox

Tanda kedua yang menunjukkan bahwa kamu tengah berada di lingkungan kerja yang sehat ialah adanya persahabatan dan hubungan komunikasi yang bai kantar sesama rekan kerja. Meskipun memiliki tanggungjawab yang bisa saja berbeda, namun hal tersebut tidak menghalangi untuk kamu bersahabat dengan sesama rekan kerja.

Justru dengan adanya persahabatan tersebut, suasana kerja akan lebih kondusif dan juga menyenangkan karena kamu tahu bahwa setiap orang didalam kantor pasti akan membantumu ketika kamu mengalami masalah. Pastinya kondisi tersebut juga membuat kamu menjadi lebih nyaman dalam bekerja.

Diberi Kesempatan untuk Membagikan Ide dan Gagasan

Diberi Kesempatan untuk Membagikan Ide dan Gagasan
Ilustrasi Berdiskusi Credit: pexels.com/Christina

Tanda ketiga yang menunjukkan bahwa kamu tengah berada di lingkungan kerja yang sehat ialah kamu diberi kesempatan oleh lingkungan kerja untuk membagikan dan mengutarakan ide serta gagasan yang kamu miliki untuk mengembangkan diri amupun mengembangkan produktivitas perusahaan. Sebab, lingkungan kerja yang buruk biasanya tidak akan memberi kesempatan itu dan semua perintah mutlak menjadi milik pimpinan perusahaan saja.

Dengan memiliki kesempatan untuk mengutarakan gagasan, kamu tidak hanya sedang meningkatkan kualitas diri tetapi juga meningkatkan kualitas tempat kamu bekerja. Lingkungan kerja yang sehat akan memberikan respon positif dan mengapresiasi setiap ide yang kamu bagi.

Area Kantor yang Bersih

Area Kantor yang Bersih
Ilustrasi Ruangan Kantor yang Bersih Credit: pexels.com/Leine

Tanda keempat yang menunjukkan bahwa kamu tengah berada di lingkungan kerja yang sehat ialah ruangan kerja serta area kantor senantiasa terjaga kebersihannya. Tidak hanya soal hubungan baik saja yang dibangun tetapi kebersihan tempat kerja juga perlu untuk diperhatikan. Sebab, tempat kerja yang bersih akan membuat karyawan juga nyaman bekerja.

Sebaliknya, tempat kerja yang kotor dan tidak bersih justru akan menjadi sarang penyakit yang bisa membuat para karyawan tidak nyaman dan mudah terserang penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, pencernaan, dan juga kulit. Oleh karena itu, kamu sedang berada dilingkungan kerja yang sehat ketika tempat kamu kamu bekerja juga terjaga kebersihannya.

Manajemen Konflik yang Bijak

Manajemen Konflik yang Bijak
Ilustrasi Manajemen Konflik dalam Bekerja Credit: pexels.com/fauxels

Terakhir, tanda kelima yang menunjukkan bahwa kamu tengah berada di lingkungan kerja yang sehat ialah adanya manajemen konflik yang bijak. Konflik dalam pekerjaan adalah sebuah keniscayaan karena pastinya benturan dari beragam masalah bisa saja hadir. Namun, yang paling terpenting itu adalah bagaimana konflik tersebut dapat diselesaikan secara bijak.

Lingkungan kerja yang buruk akan memaknai konflik sebagai sebuah kecacatan dalam bekerja namun, lingkungan kerja yang sehat justru menganggap bahwa adanya konflik merupakan proses pembelajaran dan pendewasaan bagi semua pihak untuk memperbaiki kinerja dan tidak mengulanginya lagi.

Lanjutkan Membaca ↓