Studi Membuktikan, Mengucapkan Terima Kasih Punya Efek Seperti Ini pada Pernikahan

Febi Anindya Kirana16 Jan 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 16 Jan 2021, 16:51 WIB
pasangan cinta menikah

Fimela.com, Jakarta Ketika menjalani hubungan pernikahan, baik suami maupun istri pasti butuh menyamakan banyak hal agar ikatan cinta yang mereka catatkan secara hukum dan agama bisa bertahan selamanya. Terlepas dari faktor eksternal seperti keuangan dan kebutuhan materi lainnya, ada satu hal yang mampu mempertahankan hubungan pernikahan namun sering diabaikan, yaitu terima kasih.

Kata terima kasih seringkali jarang dikatakan dalam pernikahan padahal memiliki efek yang sangat positif. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personal Relationships menemukan bahwa rasa syukur adalah kunci pernikahan yang langgeng, sehat dan bahagia.

Penelitian yang melibatkan 468 pasangan menikah ini bahkan menunjukkan bahwa tindakan sederhana seperti mengucapkan "terima kasih" kepada pasangan secara teratur bisa cukup kuat melindungi pernikahan dari perceraian. 

Mengucap Terima Kasih dapat Mempertahankan Pernikahan

pasangan menikah
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Danu Hidayatur Rahman from Pexels

Alasannya cukup sederhana, ketika mengucapkan terima kasih, kamu menunjukkan rasa menghormati dan menghargai pasangan. Mungkin tindakannya seperti membantu mencuci piring, bersih-bersih rumah, membuang sampah dan lainnya tampak biasa dan wajar dilakukan. Namun ketika pasangan yang menikah mau saling mengucapkan terima kasih, rasa lelah akan terasa berkurang karena hal yang mereka lakukan dianggap dan dihargai.

Penulis penelitian, Allen Barton, bahkan mengatakan "Kekuatan kata terima kasih sangat berpengaruh besar terutama ketika pasangan yang menikah mengalami kesusahan dan kesulitan di bidang lain, rasa syukur telah ditemani dan didukung dapat membantu menguatkan ikatan pernikahan."

Jadi, meski malu-malu untuk mengatakannya, coba biasakan mengucap 'terima kasih' kepada pasangan atas pengorbanan dan hal-hal baik yang ia lakukan ya Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓