Sukses

Lifestyle

Berapa Modal Awal untuk Mulai Berinvestasi Saham?

Fimela.com, Jakarta Belakangan ini makin ramai anjuran untuk berinvestasi saham atau menabung saham. Ini bisa jadi hal baik karena makin meningkatkan kesadaran kita semua untuk bisa lebih mengelola keuangan dan mulai berpikir lebih panjang. Namun, tentu saja kita perlu membekali diri dengan ilmu dan pengetahun yang cukup sebelum mulai berinvestasi saham.

Dalam Webinar Investasi Saham 2021: Terobosan untuk Pemula (Sabtu, 16 Januari 2021) sebagai bagian dari rangkaian acara daring Ruang Tengah bertema #Bersama yang digelar penerbit Gramedia Pustaka Utama, hadir Ellen May yang menyampaikan presentasi INVESTART: Cuan dari Saham Minim Risiko. Satu hal penting yang disoroti dalam presentasinya adalah tips untuk para pemula yang akan memulai berinvestasi saham.

Pertanyaan yang sering muncul ketika baru akan mulai berinvestasi saham adalah berapa modal yang dibutuhkan untuk memulainya. Berapa nominal yang perlu disiapkan untuk mulai berinvestasi saham?

Ellen May menjelaskan bahwa banyaknya nominal ini tergantung dari perusahaan sekuritas tempat kita membuka rekenang. Ada yang Rp10 jutaan, ada yang Rp5 jutaan, dan ada juga yang Rp100 ribuan. Poin penting lagi yang disampaikan oleh Ellen May adalah mulai dari nominal uang yang tidak membuat kita gampang stres kalau mengalami kerugian. "Bukan masalah nominalnya, tapi hatimu siap nggak saat saham naik turun," papar Ellen.

Dalam berinvestasi saham, khususnya bagi para pemula, penting untuk lebih dulu membiasakan diri dengan risiko saham baru tambah modal. Serta jangan serakah. Selalu jeli dengan pemilihan waktu dan kapasitas diri. Dalam berinvestasi saham, sangatlah penting untuk membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup.

Bagi yang baru akan memulai untuk mencoba berinvestasi saham, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan. Hal-hal mendasar yang perlu dilakukan dan dihindari oleh pemula. Berikut poin-poinnya.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan oleh Pemula

1. Fokus belajar.

2. Sabar.

3. Embrace mistakes (tidak takut melakukan kesalahan).

4. Start small (mulai dari yang kecil).

5. Kaizen (selalu berusaha melakukna perbaikan secara terus menerus).

Hal-Hal yang Perlu Dihindari oleh Pemula

1. Terburu-buru, ingin cepat kaya.

2. Terjebak dalam noise.

3. Overconfident (terlalu percaya diri).

4. Takut salah.

5. Blaming, excuse, justify.

Berinvestasi saham bisa menjadi salah satu strategi untuk bertahan di tengah laju inflasi yang naik setiap tahunnya. Dalam presentasinya, Ellen May memberi gambaran Simulasi Uang terkait pertumbuhan saham. Uang Rp10 juta rupiah dalam 10 tahun menjadi Rp60.700.000 dan dalam dalam 20 tahun menjadi Rp262.400.000. Simulasi ini bisa menjadi semangat bagi kita yang berminat dan berniat sungguh untuk menekuni dunia saham.

Berinvestasi saham tentu perlu dilakukan dengan bekal ilmu yang cukup. Jadi, pastikan kita sudah membekali diri dengan wawasan yang cukup dan tepat sebelum mulai berinvestasi, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading