5 Sikap yang Menandakan Kamu Kurang Profesional dalam Bekerja

Imelda Rahma18 Jan 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 15:15 WIB
Profesional

Profesional adalah sikap yang dapat menunjang pekerjaanmu dan membuatmu terlihat sebagai sosok yang bertanggungjawab. Biasanya sikap profesional adalah visi dalam setiap peraturan karyawan dalam bekerja karena sikap ini sangat menentukan produktivitasmu serta akan menunjukkan kepribadianmu yang bisa menempatkan diri dalam pekerjaan.

Salah satu godaan ataupun tantangan dalam menerapkan sikap profesional adalah gangguan dari hal-hal yang bersifat personal sehingga kamu menjadi tidak fokus dalam bekerja dan terdistraksi. Tentunya hal ini seharusnya bisa kamu hindari saat kamu tengah menyelesaikan pekerjaan.

Serta masih banyak sikap-sikap lainnya yang merupakan pertanda bahwa kamu adalah pekerja yang kurang profesional. Sebagai karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan, kamu perlu memahami konsep komitmen, loyalitas, dan juga integritas karena hal ini tidak hanya akan berhubungan dengan pekerjaan tetapi cara pandang orang terhadapmu.

Oleh karena itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 sikap yang menandakan kamu kurang profesional dalam bekerja. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Selalu Datang Terlambat

Selalu Datang Terlambat
Ilustrasi Datang Terlambat Credit: pexels.com/Taryn

Sikap kurang profesional yang pertama ialah ketika kamu sering datang terlambat ke tempat kerja. Memang terlihat sederana tetapi ini adalah hal kecil yang seharusnya bisa kamu tangani dan tidak menjadi kebiasaan. Sebab, datang etrlambat artinya kamu terlihat tidak serius dalam bekerja.

Untuk itu, atur kembali jadwal tidurmu sebaik mungkin dan usahakan untuk bangun lebih pagi dari biasanya agar kamu terhindar dari drama terlambat datang ke kantor. Perlu kamu ketahui bahwa ketepatan waktu untuk datang ke kantor menjadi hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam penilaian kinerja.

Konsentrasi dalam Bekerja Mudah Terpecah

Konsentrasi dalam Bekerja Mudah Terpecah
Ilustrasi Bekerja Credit: pexels.com/Lady

Sikap kurang profesional yang kedua ialah ketika kamu kurang fokus dalam bekerja karena konsentrasimu mudah terpecah oleh satu atau banyak hal. Sebagai contoh, misalnya kamu mudah terdistraksi dengan ponsel yang ada di meja kerja sehingga kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain ponsel dibandingkan menyelesaikan pekerjaanmu.

Hal ini membuat pekerjaanmu jadi tidak cepat selesai dan juga menumbuhkan kebiasaan untuk menunda pekerjaan atau menyepelekan pekerjaan. Dampaknya kinerjamu pasti akan terlihat kurang baik karena ada banyak pekerjaanmu yang terlantar hanya karena kamu mengerjakan hal lain yang tidak penting.

Tidak Bisa Menerima Kritik dan Saran

Tidak Bisa Menerima Kritik dan Saran
Ilustrasi Berdiskusi Credit: pexels.com/pizel

Sikap kurang profesional yang ketiga ialah ketika kamu tidak bisa menerima saran dan kritik yang membangun dari rekan kerja atau atasanmu. Tentu saja hal ini menunjukkan kepribadianmu yang angkuh dan arogan, sikap seperti ini jelas akan banyak menimbulkan konflik yang bisa mengganggu pekerjaan.

Tidak ada salahnya mendegarkan nasihat dan saran dari orang lain selama hal itu membangun. Menanamkan sikap ego dan merasa paling benar hanya akan membuatmu terlihat buruk dihadapan banyak orang. Adanya kritik dan saran bukan sebagai ajang untuk menjatuhkanmu tetapi merupakan bentuk kepeduliaan orang disekitarmu agar kamu bisa bekerja dengan lebih baik lagi kedepannya.

Terlalu Banyak Bicara Tetapi Sedikit Bertindak

Terlalu Banyak Bicara Tetapi Sedikit Bertindak
Ilustrasi Bekerja Credit: unsplash.com/You

Sikap kurang profesional yang keempat ialah ketika kamu terlalu banyak berbicara tetapi sedikit bertindak. Nampaknya hal ini mirip dengan istilah ‘tong kosong nyaring bunyinya’. Jika kamu tidak ingin terlihat konyol dan menyebalkan, maka sebaiknya buktikan kinerjamu dengan penyelesaian kerja secepat mungkin, bukan dengan omongan yang tidak memiliki substansi.

Orang yang terlalu banyak berbicara dan sedikit bekerja pastinya akan menjadi beban dalam perusahaan karena keberadaannya seperti benalu yang bisa mengganggu pekerjaan orang lain. Lebih baik diam tetapi pekerjaan cepat selesai dan bicara seperlunya daripada banyak berbicara tetapi tidak ada satu pun pekerjaan yang selesai.

Berpenampilan Kurang Pantas

Berpenampilan Kurang Pantas
Ilustrasi Berpenampilan dalam Bekerja Credit: pexels.com/Dine

Terakhir, sikap kurang profesional yang kelima ialah ketika kamu tidak berpenampilan secara pantas ketika datang ke kantor untuk bekerja. Setiap perusahaan pastinya sudah memberikan aturan khusus mengenai pakaian karena hal ini erat kaitannya dengan profesionalitas.

Dengan alasan apapun, kamu tidak bisa melanggarnya sesuka hati lalu berpakaian secara tidak pantas. Perlu diingat bahwa berpakaian secara pantas ke kantor bukan hanya soal mematuhi aturan tetapi juga menunjukkan bagaimana kamu menghargai diri sendiri.

Lanjutkan Membaca ↓